Hari Lingkungan Se Dunia 2021, Pemkab Gorontalo Kolaborasi Dengan Lapas Perempuan Tanam Jagung Dan Buah-buahan

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, pada periode pertama menjabat sebagai Bupati melalui RPJMD salah satu misinya adalah pembangunan berbasis kependudukan dan lingkungan hidup. Dan untuk tahun 2021-2024, misinya salah satunya adaptasi perubahan iklim termasuk mendorong sector pertanian sebagai sektor unggulan. 

Lanjut Nelson, di era covid-19, ketahanan pangan sangat diperlukan. Dimana-mana orang mempertahanakan ketahanan pangan. 

“Yang tidak terganggu di era covid-19 adalah pangan. Sehingga sejak covid-19, saya mendorong lahan-lahan untuk terus diberdayakan. Baik itu di pangan maupun di perkebunan,” kata Nelson, saat menghadiri kegiatan Go Green (Penanaman Pohon) dan Penanaman Bibit Jagung dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo, Rabu (14/7/2021). 

Bupati dua Periode itu mengatakan, di PBB itu sudah menentukn bahwa 2021-2030 adalah decade restorasi ekosistem. Maka kalau bicara ekosistem,bukan hutan saja tapi juga lingkungan hidup.

“Kita berharap apa yang dilakukan Lapas Perempuan ini berkelanjutan terkait lingkungan, untuk terus didorong setiap saat,” imbuhnya. 

Kaitannya dengan jagung, Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendorong kesejahteraan para petani melalui dana APBD, APBN dan melalui perbankan.

“Kita mendorong Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka mendorong jagung dan padi, UMKM bahkan KUR ternak. Mungkin juga ke depan, karena lapas sudah ada kelompok maka ini pun perlu didorong menjadi usaha bagi binaan lapas,” imbuhnya. 

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada lapas yang mendorong penanaman bibit jagung dan buah-buahan. 

Lapas telah memanfaatkan lahan untuk menjaga ketahanan pangan.

‘Inilah yang terus didorong pemkab Gorontalo, sebagai kegiatan produktif memanfaatkan lingkungan dengan tanaman-tanaman bermanfaat,” beber Nelson.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Hantor Situmorang, S.Pd M.Si, menjelaksan, penanaman bibit jagung oleh Lapas Gorontalo dilakukan dalam rangka pengembangan jagung wilayah khusus lembaga pemasyarakatan/rumah tahanan.

Kegiatan itu, ungkap Situmorang, sebagai wujud kolaborasi lapas perempuan dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Terutama, diera covid-19, lapas tetap produktif untuk berkarya. 

“Kita manfaatkan lahan ini untuk bisa menjadi penyangga ketahanan nasional, yakni dengan penanaman jagung dan hasil-hasil pertanian lainnya. Juga untuk membangun wialayah hijau yang bisa menciptakan udara segar serta dapat memberikan edukasi kepada warga binaan di lapas perempuan ini,sebagai hal-hal produktif,” tandasnya. (Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama