Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Pelatihan Dasar Jurnalistik PPWI Dan Fikom Universitas Mpu Tantular Penuh Antusiasme

Foto: Para Narasumber, Dekan, Penutup Acara, Pemandu Acara dan Peserta Pelatihan Dasar Jurnalistik via zoom meeting (28/08/2021)

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Pelatihan Dasar Jurnalistik Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Inonesia (DPN PPWI) kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular, Jakarta (Fikom UMT) berlangsung lancar dan penuh antusiasme peserta.

Pelatihan secara virtual dengan aplikasi zoom meeting itu, berlangsung hari Sabtu, 28 Agustus 2021, dari pukul 13.00 hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan dari 93 peserta yang mendaftar, hadir 82 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia (Aceh hingga Papua), bahkan ada satu peserta dari Paris. 

Kendati pelatihan digelar secara virtual, namun para peserta penuh gairah dan semangat. Hal ini terbukti dari keaktifan mereka dalam merespons instruksi panitia dan para narasumber, mulai dari mengisi “Google Form” Pra Test, Soal dari setiap Narasumber hingga Post Test.

Bahkan antusiasme peserta juga terlihat dengan mengajukan beberapa pertanyaan atas keingintahuan mereka atas paparan narasumber. Dan yang paling menarik, para peserta saling berlomba menjawab pertanyaan dari Pemandu Acara setiap paparan narasumber selesai, untuk mendapatkan hadiah dari para sponsor acara. 

Pelatihan Dasar Jurnalistik ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu: Wilson Lalengke, S.Pd., M. Sc., M.A (Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dengan materi Bahasa Indonesia Dalam Jurnalistik dan Citizen Journalism; Mung Pujanarko, S. Sos., M. I.Kom (Dosen Ilmu Komunikasi/ Penulis di Beberapa Media Online) dengan materi Penulisan Berita & Press Release; dan  Danny PH Siagian, S.E., M.M (Praktisi/ Jurnalis) dengan materi Editing Berita & Jurnalistik Online.

Di awal acara, Ketua Pelaksana Danny PH Siagian, S.E., M.M yang juga Ketua II DPN PPWI menyampaikan laporannya dengan menjelaskan ada kriteria penilaian pemahaman peserta, atas setiap paparan narasumber. Setelah itu, ditambah lagi tugas akhir berupa pembuatan berita lengkap sebagai karya jurnalistik yang baik dan benar. 

Lebih lanjut Danny mengatakan, kekhususan pelatihan ini, nantinya akan disaring 10 besar dengan perolehan nilai akumulasi peserta, untuk mendapatkan bimbingan sebagai kontributor media online selama 3 (tiga) bulan. Dan di akhir bimbingan, akan diberikan Surat Keterangan Magang sebagai bukti mengikuti praktek lapangan jurnalis pemula.

Selanjutnya, Wilson Lalengke, S.Pd., M. Sc., M.A (Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) memberikan sambutannya. Sedangkan acara dibuka secara resmi oleh Ratih Kurnia Hidayati, S.I.Kom.,M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular, Jakarta, dengan Pemandu Acara sekaligus Moderator, Serepina Tiur Maida, S. Sos., M.Pd., M. I.Kom, yang juga Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular. 

Dalam paparannya, narasumber pertama, Wilson Lalengke menjelaskan masih seringnya para pewarta mengabaikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab itu, berbagai penggunaan tanda kutip, tanda baca, maupun penggunaan imbuhan, dan lain-lain, wajib menjadi pengetahuan dasar para jurnalis warga. 

Sedangkan Mung Pujanarko sebagai narasumber kedua, langsung mempraktekkan bagaimana cara menulis “Quick News” atau penulisan berita cepat dengan minimal 150 kata. Menurutnya, penggunaan lead berita, bisa saja bebas asal sesuai judul, tanpa harus terikat pada kutipan tokoh yang diliput.

Adapun Danny Siagian, sebagai narasumber ketiga mengatakan bahwa Editing itu justru sangat penting, agar tidak menjadi cela dari keseluruhan tulisan. Danny mengistilahkan, agar jangan sampai “gara-gara setitik nila, rusak susu sebelanga”, demikian penekanannya untuk menghindari kesalahan penulisan. 

Usai paparan seluruh narasumber, Ratih Kurnia menyerahkan sertifikat secara simbolik kepada Mung Pujanarko (mewakili narasumber) dan Aris Kuncoro, SE, Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi Wartamerdeka.Info, (mewakili para mitra pendukung acara). Sedangkan kepada dua peserta, yaitu Syifa Heririt (Paris) mewakili peserta wanita, dan Abdul Wahid P. Diko (Pemimpin Redaksi suaraindonesia1.com), mewakili peserta pria, diserahkan oleh Wilson Lalengke.  

Penutupan acara dilakukan oleh Aris Kuncoro, SE, Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi Wartamerdeka.Info, yang sekaligus mengucapkan “Selamat” kepada Panitia atas kesuksesan acara. Menurutnya, kendati disebut Pelatihan Dasar Jurnalistik, namun bobot acara sudah diatas yang biasa, sehingga para peserta perlu memanfaatkannya.  

Diujung acara, Serepina Tiur Maida sang Pemandu Acara mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang antusias mengikuti acara. Juga ucapan terimakasih disampaikan kepada para mitra pendukung acara yaitu: (1) Wartamerdeka.info; (2) Bisnismerdeka.com; (3) Pewartaindonesia.com; (4) Batakindonesia.com; (5) Hipakad’63news.com; (6) 1KATA.com; (7) IndonesiaVoice.Com; (8) AniRos Collections; dan (9). Solusindo Kreatif Konsultan (SKK). (DANS)

Posting Komentar untuk "Pelatihan Dasar Jurnalistik PPWI Dan Fikom Universitas Mpu Tantular Penuh Antusiasme"