Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Enam dari Tujuh Ruang Kelas SD Negeri Karangpucung 03 Rusak Parah

CILACAP (wartamerdeka.info) - Enam dari tujuh ruang gedung Sekolah Dasar Negeri  Karangpucung 03 rusak parah. Rusaknya gedung tersebut karena dimakan usia.

Hal tersebut dijelaskan Kaslam Kepala Sekolah SD Negeri  Karangpucung 03 kepada Warta Merdeka disela kegiatan monitoring dan evaluasi dana DAK oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap. "Enam ruang tersebut digunakan untuk tempat belajar mengajar siswa," terangnya, Kamis (23/9/2021).

Diantara kerusakan yang ada, selain kusen pintu dan jendela yang hampir semua kropos, terparah adalah bagian tembok ruang kelas. Semua ruang dari enam kelas merupakan tembok lama. Meskipun sudah ada upaya renovasi tetapi tetap mengelupas.

"Itu karena bangunan tersebut bangunan lama. Saya sekolah di sini tembok ini sudah ada. Sampe sekarang belum pernah ada rehab total," jelas Kaslam.

Menurutnya, bangunan tersebut sudah ada pada tahun 1983. Hingga saat ini hanya beberapa kali dilakukan rehab ringan seperti menambal tembok yang mengelupas dan batu bata belum ada yang ganti. 

Pada musim hujan, keenam ruang tersebut sering bocor dikarenakan kerusakan pada plafon.

Bagian atap ruang kelas juga sangat menghawatirkan, baja ringan penyangga genting juga sudah melengkung. 

"Kami khawatir nantinya ambruk. Akan lebih menghawatirkan jika sudah dilakukan pembelajaran tatap muka," terangnya. 

Sementara itu Kasi Sarpras Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Takmiludin ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengatakan, harus melakukan penghitungan kerusakan terlebih dahulu.

"Harus dilakukan perhitungan tersendiri mengenai tingkat kerusakannya. Apakah itu rusak ringan, sedang atau berat. Perhitungan itu juga harus melalui pengesahan dinas PUPR Cilacap," jelasnya.(gus)

Posting Komentar untuk "Enam dari Tujuh Ruang Kelas SD Negeri Karangpucung 03 Rusak Parah"