Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Oilrec Fisheries Raih TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik

BARRU (wartamerdeka.info) - Setelah Inovasi Wisata Posyandu, Kabupaten Barru kembali  mencatatkan satu lagi Inovasi Pelayanan Publik  terpilih masuk TOP 30 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)  tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021.

Inovator 'Oilrec Fisheries', A. Ulva Yulyana  dari Dinas Perikanan Kabupaten Barru yang dihungi via WhatsApp pribadinya menjelaskan,  Oilrec Fisheries sebuah bentuk inovasi terkait penerbitan surat rekomendasi dari Dinas Perikanan untuk Usaha Perikanan (Nelayan/Tambak)  untuk memudahkan mengakses Bahan Bakar Minyak (BBM)  di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). 

Dikatakan sebelum adanya inovasi, para nelayan atau petambak setiap bulan harus ke kantor Dinas perikanan mengurus penerbitan  surat rekomendasi untuk pembelian BBM di SPBU. 

"Saat ke kantor mengurus surat rekomendasi, tidak jarang harus menunggu lama jika pegawai yang berwenang dengan itu tidak berada dikantor atau tugas luar. Belum lagi biaya transport dari rumah kekantor harus mereka keluarkan. Dari kondisi itulah kami coba berinovasi untuk membantu meringankan beban mereka," ujarnya. 

Melalui inovasi Oilrec Fisheries mereka dimudahkan karena tidak perlu lagi tiap bulan datang ke kantor. Cukup sekali pengurusan penerbitan rekomendasi berlaku  12 bulan. 

"Bentuk inovasinya adalah,  penambahan halaman pengesahan menjadi 12 kolom dibagian belakang surat rekomendasi sebagai pengejawantahan menerbitkan surat rekomendasi tiap bulan. Sedangkan untuk pengesahan atau falidasi tiap bulan cukup oleh penyuluh pertanian setempat," jelas dia. 

Dengan demikian lanjut dia, dampak dari inovasi ini antara lain mempercepat proses pengurusan, mengefektifkan kinerja petugas, memperpendek proses pengurusan, memperlancar urusan nelayan dan meminimalkan pemalsuan Surat Rekomendasi BBM dan banyak lagi dampak positif lainnya. 

Seperti diketahui Inovator 'Oilrec Fisheries' telah dianugerahi penghargaan TOP 30  Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman,  di  Makassar Senin 6/9/2021 bersama pemenang TOP 30 lainnya.  (syam)

Posting Komentar untuk "Oilrec Fisheries Raih TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik"