Pak Yes Jelajah Desa, Dari Potensi Garam Sampai Panen Buah Kelengkeng

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Sebagai daerah dipesisir utara pulau jawa, Kabupaten Lamongan memiliki karakteristik geografis yang unik. Pesisir ini memiliki potensi biota laut yang melimpah, dan bagian selatan dianugerahi kesuburan tanah yang terhampar luas. Itu membuat Bupati Lamongan  melakukan jelajah potensi daerah. 

Dengan mengendarai motor trail, Pak Yes, panggilan bupati Lamongan, dan rombongan memulai kegiatan jelajah daerah di wilayah utara. 

Di awali di desa Sedayulawas Kecamatan Brondong dengan potensi garam prismanya. Dengan luas lahan 1 ha, sudah  berproduksi sebanyak 1,1 ton. Di Kabupaten Lamongan sendiri jumlah penambak garam sejumlah 317 orang dengan luas lahan 234 ha. Sementara produksi total sampai dengan saat ini mencapai 6.233 ton. 

Dari desa Sedayulawas, bupati melanjutkan perjalanannya ke dusun Mencurek, desa Sendangharjo. Pak Yes mengikuti panen pisang cavendish. Dihadapan para petani, Bupati berpesan agar kualitas rasa terus ditingkatkan.

"Dulu saya kesini masih tanam, sekarang sudah panen, buahnya luar biasa termasuk buah lemonnya. Saya sudah coba sendiri, pisang cavendish asal mencurek manisnya beda, seperti madu. Saya berharap ini terus dipertahankan dan kualitasnya terus ditingkatkan supaya dapat menjalankan roda perekonomian masyarakat," Ujar Bupati saat  di kebun pisang cavendish Dusun Mencurek, Selasa (21/9).

Selain di Dusun Mencurek, pisang cavendish juga dibudidayakan oleh petani Desa Pelangwot Kecamatan Laren. 

Di Kabupaten Lamongan sendiri terdapat 67 kelompok tani pisang yang beranggotakan 6.103 orang. Luas lahan mencapai 7.014 ha, dengan rincian 1.003 ha lahan sawah, 5.385 ha lahan pertanian bukan sawah, dan 626 ha lahan bukan pertanian. Dari  7.014 ha tersebut, 5.966 ha lahan merupakan milik kelompok tani.

Untuk produktitivitas pisang cavendis, pada triwulan ke-I mencapai 26.443 kwintal, dengan tanaman produktif sebanyak 405.468 pohon, sedangkan yang belum menghasilkan sebanyak 90.905 pohon. Sementara di  triwulan ke-II produksi pisang mencapai 65.156 kwintal, dengan tanaman produktif menghasilkan sebanyak 469.964 pohon dan tanaman belum menghasilkan sebanyak 14.1624  pohon.

Usai memanen pisang cavendish, bupati Pak Yes melanjutkan jelajahnya ke dusun Benges Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong untuk melihat budidaya buah kelengkeng. Pada kesempatan tersebut Bupati berkesempatan memetik buah kelengkeng hasil budidaya petani setempat di lahan seluas 2000 M²/0,200 ha, dengan jumlah tanaman 50 pohon kelengkeng.

Persinggahan dalam kegiatan jelajah Desa terakhir Bupati menilik gudang penggilingan padi milik H. Lukman serta menghadiri tasyakuran Paguyupan Sound System Lamongan (PSL) di Desa Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama