Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


Lima Desa Di Barru Ditetapkan Sebagai Desa Wisata

BARRU (wartamerdeka.info) - Sedikitnya,  lima desa di Kabupaten Barru  telah ditetapkan sebagai Desa Wisata. Kelima Desa tersebut diantaranya Desa Nepo, Desa Kamiri, Desa Pacekke, Desa Pancana dan Desa Bulobulo. 

Sekda Barru Andi Abustan mengemukakan hal itu saat memimpin langsung pertemuanyang dihadiri oleh sejumlah kepala SKPD terkait, para Kepala Desa yang ditunjuk sebagai Desa Wisata, Para Pelaku Pariwisata, Pelaku Budaya, Pelaku Industri Kreatif dan beberapa pejabat Dinas Pariwisata. 

"Kelima Desa ini jika benar-benar dimaksimalkan akan menjadi pusat wisata dunia. Apalagi letak geografis kabupaten Barru yang cukup strategis", terang Sekda, Rabu (24/11/2021) malam tadi. 

Dikatakan, Kelima desa ini punya history yang dapat menjadi pendorong para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang. Misalnya di Desa Nepo jejak masa kecil Presiden ketiga B.J Habibie bahkan disana masih ada rumah yang ditempati beliau saat belajar mengaji. Begitupula Desa Kamiri dengan potensi Hutan yang masih sangat asri serta pesona air terjun To Magelli yang makin menambah keunikan dari desa tersebut. 

Apalagi ada Desa Pacekke dengan history sejarahnya saat pembentukan TNI di Bumi Sulawesi ini, napak tilas akan menjadi saksi bagaimana perjuangan para pahlawan kita terdahulu ditambah lagi dengan aneka budaya dan kuliner khas desa Pacekke yang tahun 2019 kemarin ditetapkan sebagai juara 1 inovasi embung dengan pengairan sawah yang makin menambah pesona Pacekke. 

Selain itu,  ada Desa Pancana dengan kekayaan sejarah I Lagaligo serta seorang penulis Colliq Pujie, ini akan menambah kekuatan Wisata desa yang ada di Kabupaten Barru. Ditambah dengan kehadiran Desa Bulobulo dengan nuasa budaya yang sangat kental yang ada disana. 

"Semoga ikhtiar bersama ini akan menjadikan Kabupaten Barru yang kaya akan destinasi wisata menjadi daerah tujuan wisata dunia,"pungkasnya. 

(man/sam)

Posting Komentar untuk "Lima Desa Di Barru Ditetapkan Sebagai Desa Wisata"