PKK Kota Bitung Belajar Pengelolaan Desa Religi Bubohu, Kab Gorontalo

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Destinasi Wisata Religi Bubohu Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo,menorehkan prestasi di tingkat nasional. Berhasil keluar sebagai juara kedua kategori nasional Desa Wisata Berkembang pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Karena itu, bagi Tim Penggerak PKK Kota Bitung Desa Wisata ini menarik untuk ditiru cara pengelolaanya. Mereka datang melakukan Studi Tiru dalam rangka peningkatan kapasitas dan Wawasan Kader PKK Kota Bitung, dalam rangka pengelolaan Desa Wisata Religi dan Dampaknya bagi pola Asuh Anak dan Remaja di Desa Bongo, Kamis ()/12/2021).

Rombongan Tim penggerak PKK kota Bitung itu datang dipimpin langsung ketua PKK Rita Tangkudung bersama jajarannya. Rombongan PKK kota Bitung disambut langsung ketua dan wakil Ketua Prof. fory Naway dan Sitti Fatrah Sunge, SH, bersama jajaran Tim Penggerak PKK kabupaten Gorontalo.

Ketua TP PKK Kota Bitung Rita Tangkudung mengatakan, Dirinya datang bersama jajaran PKK kota bitung untuk studi tiru karena banyak hal yang kami pelajari terutama pengelolaan desa wisata religi bubohu.

"Bagaimana keterlibatan dan peran PKK dalam menunjang desa wisata sehingga menerapkan ini di kota bitung terutama keterlibatan pola asuh remaja sehingga mendapatkan juara 2 nasional," kata Rita.

Lanjut dia, ini yang perlu kami pelajari di desa Bubohu yang berada di Kabupaten Gorontalo.

"Kami terkesan sekali dengan desa religi ini. Dimana,sangat terlihat religinya terutama budaya yang ada," terangnya 

Memang kata Rita, mengingat anak -anak kita maka perlu sekali  diperkenalkan budaya itu. Apalagi, kata Rita, budaya raja-raja terlihat dan ini perlu sekali diperkanalkan diera saat ini.

"Kami PKK Kota Bitung terkesan terutama disambut oleh ibu-ibu majelis taklim. Kami disambut dengan baik dan sangat ramah sekali," pungkasnya.

Terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway menyampaikan apresiasinya atas dipilihnya desa riligi bubohu menjadi lokasi studi tiru. 

"Alhamndulillah, kami PKK Kabupaten Gorontalo mendapat kunjungan resmi dari seluruh PKK kota Bitung serangkaian ajang silaturahim dan juga kegiatan untuk sharing program yang bisa dijadikan oleh-oleh pengembangan program kedepan," ungkap Fory.

Sehingga, PKK Kabupaten Gorontalo menyampaikan beberapa agenda yang terkait pengembangan destinasi wisata yang sudah dijadikan objek wisata di tingkat nasional yang mendapatkan penghargaan rangking 2. 

Mereka meminta kira-kira kiat-kiat apa yang menjadikan peringkat di tingkat nasional desa religi Bubohu itu. Sebagai apresiasi, tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo menyampaikan keberadaan  destinasi wisata Bubohu dan juga latar belakang sampai bentuk lestari wisata budaya.

Pihaknya juga menyampaikan beberapa agenda yang lintas sektor program PKK Kabupaten Gorontalo termasuk penurunan stunting termasuk program vaksinasi dalam hal nendukung pencapaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Gorontalo sesuai harapan Pak Bupati 80 persen pada akhir tahun. 

"Kami sampaikan bahwa PKK kab Gororontalo juga giat program vaksinasi sampai tingkat desa dan kekurahan dalam hal ini keterlibatan PKK. Kami juga menyampaikan program PKK 2021-2026 mengacu pada rakernas PKK. Terntunya program inovasi terkait kampung atau desa wisata yang menjadi rujukan. Disini kontribusi PKK yang mereka minta seperti apa."

"Indikator keterlibatan PKK tentunya mewarnai pada desa wisata atau desa religi untuk bagaimana mengumpulkan majelis taklim untuk bisa mewarnai dengan budaya termasuk djikir,hadra dan sebagainya. Dan itu sudah dipertunjukan kepada teman-teman studi tiru tadi dan insya allah imbas balik ini kami bisa memberikan harapan kepada mereka karena kegiatan ini adalah kegiatan nasional hingga ketingkat bawah pelaksanaannya," tuturvFory Naway.

Posting Komentar untuk "PKK Kota Bitung Belajar Pengelolaan Desa Religi Bubohu, Kab Gorontalo"