Anggota DPRD Kab Tangerang Hadiri Musrenbang Desa Telaga, Cikupa

KAB TANGERANG (wartamerdeka.info) - Musrenbang Desa Talaga, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang dilaksanakan di ruang rapat/aula Kantor Desa Talaga pada Senin 17 januari 2022.

Kegiatan ini merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kebijakan dan masyarakat desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2023. 

Fokus pembahasan musyawarah mengacu pada RPJM desa yang telah diamanatkan dalam dokumen rencana 5 tahunan. 

Di samping itu dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa tahun sebelumnya serta arah kebijakan Pemerintah Daerah setempat sampai dengan Pemerintah Pusat juga merupakan dasar perumusan yang harus diperhatikan. 

RKP Desa sendiri merupakan program yang disusun untuk merumuskan rencana pembangunan satu tahun ke depan yang nantinya akan dituangkan ke dalam RAPBDes (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). 

Musrenbang Desa adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa di tingkat dusun. 

Rencana Program Kerja Desa ini sebagai program kerja lanjutan dari tahun sebelumnya serta usulan-usulan dari masyarakat yang sejalan dengan arah pembangunan daerah.    

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Cikupa H Abdullah, S.Sos, M.si , yang fiwakili oleh Sekcam Cikupa M Mumu Mukhlis, S.Stp , Kepala Desa Talaga H Nasarudin, SH , Sekdes Talaga Ahmad Sukyani , Ketua BPD H.Heru Hawasi , Ketua LPM H.Jajuli , Bhabinkamtibmas Brigadir Suheri , Babinsa Peltu Ismoyo , Deden Umardani Dewan dari Praksi PDI Kabupaten Tangerang , Ketua Karang taruna , Ketua Tem PKK , Kader Pos Yandu , Beserta perangkat desa , Para Ketua RT , RW , Jaro Se Desa Talaga Dan Masyarakat Desa Talaga.

Kepala desa Talaga H. Nasarudin SH dalam sambutannya mengatakan, musrembang kali ini guna menjalin tali silaturhmi sekaligus agar pembangunan bisa merata sesuai harapan dan bisa dirasakan oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Desa Talaga. 

Dikatakan lagi, pihaknya sangat bersyukur dan terimaksih kepada PT. Rinai Indonesia Dan PT .Gencana Gemilang (miako) serta masyarakat talaga yang ikut berperan dalam kemajuan Desa Talaga.

Terutama terkait dengan pembangunan gedung desa yang menghabiskan angaran sekitar Rp 2.8 miliar. 

Hal yang sama juga dikatakan A Sukyani Sekdes Talaga yang memaparkan terwujudnya Musrembang ini adalah bagian dari kemajuan desa Talaga. 

Sekdes mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan Awak Media yang selama ini telah bersinergi dengan desa membangun desa Talaga. 

Sementara itu Deden Umardani, Anggota DPRD Fraksi PDI.P Kabupaten Tangerang menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras Kepala Desa beserta jajarannya selama ini.

Pihaknya berharap ke depan kita semua dapat memperhatikan tentang Kamtibmas, dimana para mafia/gangster yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang, saat ini situasinya cukup menghawatirkan. 

"Mungkin untuk saat ini saya akan prioritaskan pendidikan karena di wilayah Cikupa ini masih kurang sekolah-sekolah negeri," papar Deden. 

Ia selaku anggota Dewan Kabupaten Tangerang mengajak kepada semua elemen masyarakat agar selalu memonitoring kepada toko-toko yang berkedok kosmetik yang menjual obat-obatan yang terlarang seperti tramadol dan exsimer yang ada di wilayah kita ini.

Tambahnya, saat ini maraknya toko  yang berkedok toko kosmetik diduga menjual obat tramadol dan ektimer tampa resep dokter di wilayah Kabupaten Tangerang harus kita laporkan kepada Binamas, Babinsa maupun aparat pemerintah setempat. 

Lanjut Deden, adanya acara Musrenbang Desa ini diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang rencana program pembangunan untuk kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada dan keselarasan rencana program kerja Pemerintah Desa dengan RPJMDes Talaga maupun Program Kerja Kabupaten Tangerang . 

Disamping itu keberlanjutan program pemerintah desa tahun sebelumnya juga merupakan dasar yang mesti di-sinkronisasikan bersama. (Fatah)

Posting Komentar untuk "Anggota DPRD Kab Tangerang Hadiri Musrenbang Desa Telaga, Cikupa"