Sukses Digelar, Pilperatin Serentak Kabupaten Lampung Barat, Diikuti 196 Caperatin

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat sukses menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak atau juga dikenal Pemilihan Peratin (Pilperatin) pada Rabu (23/2/2022). Gelaran tersebut diikuti oleh 60 desa atau pekon yang tersebar di 15 kecamatan.

Sebanyak 196 calon peratin (caperatin) terdiri dari 190 laki-laki dan 6 perempuan memeriahkan gelaran tersebut. Adapun jumlah pemilih yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 95.108 orang, yang tersebar di 230 Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Hal itu diketahui dari pantauan yang dilakukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual. Adapun pemantauan tersebut dipimpin Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Administrasi Pemerintahan Desa (FAPD) Ratna Andriani dengan menghadirkan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemkab Lampung Barat.

Dalam laporannya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang juga Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Barat Adi Utama menyampaikan secara keseluruhan pelaksanaan Pilperatin serentak tersebut berjalan lancar. Agenda itu juga berlangsung dengan tetap menegakkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

“Semua sudah sesuai regulasi sebagaimana telah dinyatakan oleh Surat Bupati Lampung Barat Nomor B/74/III.13/2022 tanggal 24 Januari 2022 hal Data Pemilihan Peratin Serentak Kabupaten Lampung Barat 2022,” terangnya.

Di sisi lain, dalam pemantauan tersebut Ditjen Bina Pemdes Kemendagri juga menyaksikan lokasi TPS di salah satu desa, yakni di Desa Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebuh secara virtual. Dari hasil pemantauan diketahui kondisi TPS terlihat lengang. Selain itu, diperoleh informasi jika proses Pilperatin dilakukan dengan mengatur pemilih berdasarkan pembagian waktu, serta dilengkapi protokol kesehatan. Dua petugas keamanan juga terlihat berjaga di lokasi TPS tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo berpesan agar Pemkab Lampung Barat terus memantau pelaksanaan Pilperatin hingga proses pelatikan peratin terpilih. Hal ini untuk memastikan gelaran tersebut tidak menjadi klaster baru persebaran Covid-19. Selain itu, Yusharto juga menekankan agar Pemkab Lampung barat tidak lengah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Pemkab Lampung Barat, tambah dia, perlu memperketat protokol kesehatan serta mendorong percepatan vaksinasi Covid-19. (A)

Posting Komentar untuk "Sukses Digelar, Pilperatin Serentak Kabupaten Lampung Barat, Diikuti 196 Caperatin"