Kemendagri Luncurkan Aplikasi Simlinmas, Dirjen Bina Adwil Safrizal ZA: Ini Untuk Integrasikan Data Satlinmas

Dirjen Bina Adwil Safrizal ZA 

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan aplikasi Simlinmas. Momen peluncuran itu berlangsung saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bertajuk "Profesional dan Berintegritas Mewujudkan Penyelenggaraan Trantibum untuk Indonesia Maju dan Sehat", yang digelar secara luring dan daring dari Hotel Millennium, Jumat (4/3/2022).

Aplikasi ini berfungsi untuk menyiapkan big data terkait Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang terintegrasi dalam web dan aplikasi. Aplikasi ini juga menjadi media pemutakhiran data anggota Satlinmas, serta mampu melaporkan secara realtime kegiatan Linmas berbasis geospasial. 

Tak hanya itu, aplikasi ini menjadi media edukasi bagi anggota Satlinmas dan memfasilitasi pelayanan Kartu Tanda Anggota Elektronik (e-KTA) Satlinmas.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Safrizal ZA meyakini jumlah anggota Satlinmas yang tersebar di berbagai daerah sangat banyak, baik tercatat maupun yang belum tercatat. Karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi untuk membantu pendokumentasian data tersebut.

“Oleh karenanya, hari ini diluncurkan aplikasi Simlinmas, agar pencatatannya bisa terdokumentasi dengan baik, di samping manfaat-manfaat yang lainnya,” ujar Safrizal saat memberi pengarahan dalam kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan HUT ke-60 Satlinmas tersebut.

Apabila aplikasi ini berjalan baik, kata Safrizal, laporan terkait Satlinmas tidak perlu lagi menggunakan kertas. Bahkan, aplikasi ini dapat menghubungkan data secara berjenjang, baik di tingkat provinsi hingga nasional. Dengan demikian, nantinya akan terwujud big data yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan Satlinmas.

Di lain sisi, lanjut Safrizal, pihaknya juga akan melibatkan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri dalam melakukan pembinaan anggota Satlinmas. Pembinaan itu nantinya dapat dilakukan dengan memanfaatkan balai pemerintahan desa yang ada di daerah. Hal ini penting, mengingat keberadaan Satlinmas banyak tersebar di desa dan kelurahan.

“Sehingga satuan Linmas kita memiliki kemampuan dasar dan performa yang baik, karena sukarela dan merupakan tempat partisipasi masyarakat, wadah ini cukup penting dalam menyebarluaskan berbagai macam fungsi yang dilekatkan kepadanya,” tandas Safrizal. (A)

Posting Komentar untuk "Kemendagri Luncurkan Aplikasi Simlinmas, Dirjen Bina Adwil Safrizal ZA: Ini Untuk Integrasikan Data Satlinmas"