Program Perintis, Lamongan Beri Beasiswa SD Hingga S2

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Pemkab Lamongan terus mendorong Program Unggulan  Perintis (Pendidikan Berkualitas dan Gratis) agar dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan saat memimpin Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)   tahun 2022 bertepatan dengan masuk hari pertama pasca libur Lebaran 1443 Hijriyah dan cuti bersama tahun 2022 di Halaman Kantor Pemkab setempat Senin (9/5).

Menurut Bupati Yes masyarakat Lamongan juga harus bisa menikmati fasilitas layanan pendidikan yang lain seperti  kejar paket yang disediakan oleh Dinas Pendidikan. 

“Pada momen Hari Pendidikan Nasional tahun ini, pemkab terus mendorong agar program unggulan Perintis dapat dinikmati seluruh masyarakat. Kami juga mendorong masyarakat untuk menikmati fasilitas kejar paket meningkatkan kemampuan dan semakin terbuka akses kemandirian ekonominya,” ujar Bupati. 

Tema yang diambil pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun ini yakni Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar, Bupati  mengajak seluruh elemen masyarakat semakin meneguhkan komitmen dalam menciptakan iklim belajar yang inklusif di Kabupaten Lamongan.

“Kita tahu, sesungguhnya anak-anak, generasi muda Lamongan punya kemampuan, keunggulan dan talenta untuk terus kita bina menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing,” tuturnya.

Meski dilanda pandemi Covid-19, lanjut Bupati Yes, kini saatnya pemerintah bangkit dan menciptakan iklim pendidikan yang baik supaya generasi muda mendapat akses pendidikan yang mudah.

“Merdeka artinya anak-anak dapat menikmati pendidikan seluas-luasnya. Elemen-elemen pendidikan  yakni pemerintah, pihak sekolah termasuk guru dan muridnya, serta masyarakat bisa menciptakan iklim yang baik supaya masyarakat mendapat akses pendidikan yang semakin mudah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yes juga mengungkapkan apresiasi kepada seluruh aparatur  yang saat cuti lebaran tetap melayani dengan setulus hati kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada ASN yang ada di kecamatan maupun perangkat daerah contohnya Disdukcapil yang masih memberikan pelayanan kepada masyarakat, tenaga kesehatan di puskesmas maupun rumah sakit, petugas Dinas Perhubungan yang bertugas mengatur lalu lintas hingga mudik lebaran tahun ini bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Program Perintis akan menghadirkan beasiswa SD untuk 3.000 siswa, SMP 1.800 siswa, SMA 1.000 siswa, serta beasiswa S1 untuk 1.350 mahasiswa. Bahkan bagi masyarakat yang memiliki prestasi khusus sebagai penghafal Al Qur'an (Tahfidz) akan diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan hingga S2 kepada para tahfidz sebanyak 80 mahasiswa. Serta fasilitasi kejar paket A, B, dan C kepada 2.112 orang. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama