Camat Batealit, DPC Lindu Aji Dan Koramil/03 Batealit Jepara Peduli ODGJ

JEPARA (wartamerdeka.info) - Musthakim, SE., M.Si., Camat Batealit, Kabupaten Jepara, Senin 15/8/2022 melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian paket sembako kepada penderita ODGJ dan keterbelakangan mental.

Kegiatan ini dilakukan bersama Komandan Koramil 03/Batealit Kodim 0719/Jepara, Kapten Chb Purwanto, Petinggi atau Kepala Desa (Kades) Sholehan S.E., Petinggi Desa Batealit Ali Asikin, Ketua Ormas PK DPC Lindu Aji Batealit Budi Hariyanto akrab disapa Budi Leong, dan FKLA (Forum Komunikasi Lindu Aji) Bang Kumis, Jhon Supomo, H. Sumardi dan H. Bambang Faruq. 

Musthakim, SE., M.Si., Camat Batealit, saat berada di kantornya, menginformasikan data tentang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

"Di Kecamatan Batealit terdapat 105 orang dan di Kabupaten Jepara sebanyak 2076 orang, ini yang terdaftar resmi, di luar yang belum terdaftar," ujarnya. 

Camat Batealit menuturkan bahwa, sebaiknya penderita depresi dan gangguan jiwa, jangan dikucilkan.

Penderita depresi perlu di "uwong ake", perlu perhatian dari keluarga, warga masyarakat dan Pemerintah baik Desa, Kecamatan dan Dinas Sosial. 

"Termasuk peran serta tokoh masyarakat, rekan-rekan LSM dan Ormas di Kabupaten Jepara, bisa ikut membantu pasien ODGJ, agar penderita bisa bersosialisasi dengan lingkungan serta memperhatikan mereka dengan kasih sayang, termasuk dengan kerabat, tetangga  dan temannya, sebagai bagian dari salah satu proses psikis penyembuhan dari sisi psikis," pungkas Musthakim. 

Kegiatan penyerahan paket bantuan paket sembako ini, berasal dari bantuan Pj. Bupati Jepara, Dinsos Jepara dan DPC Ormas Lindu Aji Jepara. 

Salah satu penerima bantuan paket sembako, keluarga Zuri dan Sri, penderita keterbelakangan mental yang berasal dari Dukuh Sengon, Rt. 5/Rw.1, Desa Batealit. 

"Tiga anak dari 4 saudara keluarga tersebut, menderita keterbelakangan mental sejak kecil," ujar Ketua PK DPC Lindu Aji Batealit Budi Hariyanto. 

Danramil 03/Batealit Kapten Chb Purwanto sangat antusias  serta menyambut dengan  bahagia dan  menambahkan, kita semua  pihak semoga bisa berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk dalam penanganan ODGJ di wilayah Jepara khususnya Kecamatan Batealit. 

(Hani)

Posting Komentar untuk "Camat Batealit, DPC Lindu Aji Dan Koramil/03 Batealit Jepara Peduli ODGJ"