DPRD Barru Sebut Kab Barru Layak Terima Reward Optimasi Lahan

BARRU (wartamerdeka.info) - DPRD  Kabupaten Barru menilai,  sudah semestinya Kab Barru layak menerima reward Optimasi Lahan Kering dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian( PSP) Kementerian Pertanian. 

Hal ini dikatakan Sekretaris Komisi 2 DPRD Barru Syamsu Rijal,  sehari setelah pihak Komisi 2 melakukan konsultasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Sulsel, Selasa (23/8/2022).

Dalam kunker ini Pihak Komisi 2 DPRD Barru meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Sulsel  ikut mendukung Pemkab Barru agar memperoleh tambahan luasan ll Optimasi lahan kering. 

Usulan Komisi 2, kata Syamsu Rijal, minta tambahan 1.000 hektar untuk kabupaten Barru.  Sumber anggaran Optimasi lahan kering ini dari APBN  2023. 

“Permintaan tambahan ini sangat beralasan karena daerah ini merupakan salah satu kabupaten yang tercepat penetapan Perda LP2B( Lahan Pertanian Pangan Berjelanjutan),” ucap Syamsu Rijal

“Kita berharap Program Optimalisasi Barru ini bisa terealisasi pada 2023 dan seharusnya daerah ini  memperoleh reward  dari Dirjen PSP Kementan,” ujarnya.

Dijelaskan legislator PDIP ini bahwa proses Optimasi lahan kering di Barru cukup potensil dikembangkan didaerah ini. Sebab lebih banyak memanfaatkan areal persawahan. 

Selain ada sawah yang mengandalkan irigasi, tambah Syamsu Rijal. “Ada juga optimasi lahan kering yang menggunakan sawah tadah hujan. Bukan hanya saat hujan lalu dimanfaatkan sawah itu dengan menanam padi. Tetapi pasca padi bisa menanam palawija dan potensi ini sudah berkembang di Barru,” tambahnya. 

(udi/syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama