Tingkatan Kualitas Layanan Masyarakat, Jasa Raharja Sinergi Dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ditjen Dukcapil Kemendagri telah menjalin ribuan kerja sama dalam pemanfaatan data dengan kementerian/lembaga maupun pihak swasta, salah satunya adalah dengan PT Jasa Raharja. 

Senin (29/8/2022), Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono bersama jajaran berkunjung ke kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta Selatan, untuk mendapatkan perkuatan kerja sama yang telah terjalin dalam rangka pemanfaatan data kependudukan.  

Dirut Rivan datang bersama Direktur Operasional Dewi Aryani Suzana dan Kadiv Pelayanan Hervanka Tri Dianto. 

Pada audiensi ini, Rivan mengawali menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang telah terjalin dengan Dukcapil selama ini dan banyak sekali membawa manfaat untuk negara dan bangsa ini melalui verifikasi dan validasi data kependudukan untuk bisnis proses Jasa Raharja. 

Ia kemudian melanjutkan bahwa Jasa Raharja datang kali ini dengan membawa misi khusus terkait permohonan untuk tambahan elemen data pada kerja sama yang telah dijalani.

"Yang pertama adalah kami mohon perkenan bantuan Kemendagri melalui Ditjen Dukcpail agar kiranya kami diperkenankan untuk diberikan akses family tree dari satu NIK untuk melakukan identifikasi dan verifikasi kaitannya dengan ahli waris," tutur Rivan.

Sedangkan permohonan yang kedua adalah permintaan untuk mengetahui alamat lengkap hingga ke RT/RW dan kelurahan/desa pada pencarian NIK yang dilakukan. 

Menurut Rivan, permohonan ini diajukan demi peningkatan layanan di Jasa Raharja.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh yang menerima langsung Rivan beserta jajaran, menyambut baik dan hangat kunjungan ini sebagai penyambung tali silaturahmi mitra Dukcapil.

Intinya  Dukcapil akan senantiasa membantu dan bersinergi dengan siapapun terkait pemanfaatan data kependudukan. 

Silahkan manfaatkan akses yang sudah diberikanselama ini melalui web portal untuk melihat alamat sampai ke desa/kelurahan dan RT/RW. 

"Untuk melihat family tree kami juga welcome, family tree bisa melihat status hubungan dengan keluarga, misalnya ayah, ibu, anak dan family lain. Silahkan tim teknis Mas Rivan membahasnya dengan tim teknis kami karena salah satunya berkaitan dengan perbaikan PKS yang sudah disepakati untuk menambahkan elemen data family tree," terang Zudan.

Menurut Dirjen Zudan, kerja sama ini sebagai wujud komitmen Dukcapil pada motto yang selama ini digaungkan, yaitu membahagiakan masyarakat. 

Pada pemanfaatan data, Mendagri Tito Karnavian pun turut memberikan atensi pada kemanan data penduduk.

“Pesan saya, tim IT harus kuat. Sistem security harus first class, wajib. Juga dalam hal pemanfaatan data kependudukan agar sesuai dengan koridor hukum karena data ini sangat sensitif, bisa masuk ke masalah privasi juga,” terang Tito. (A)

Posting Komentar untuk "Tingkatan Kualitas Layanan Masyarakat, Jasa Raharja Sinergi Dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri"