Universitas Trilogi Menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

Foto: Rektor Universitas Trilogi, Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D dan Para Pejabat Struktural di Acara Pembukaan PKKMB, di Atrium Kampus Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta Selatan

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Universitas Trilogi menyelenggarakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPK-MB) bagi 289 orang Mahasiswa Baru, di Atrium Kampus Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta Selatan.

 

Acara PKKMB tersebut diselenggarakan selama 4 (empat) hari, mulai dari tanggal 19 hingga 22 September 2022. Berbagai acara telah dirancang dan dipersiapkan Panitia, yang dikomandoi Ketua Pelaksananya, Rizkia Safitri Yan’as, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora.  

 

Pada acara Pembukaan, sambutan diberikan oleh perwakilan dari LL Dikti III, dilanjutkan sambutan Rektor Universitas Trilogi, Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D yang sekaligus berkenan membuka acara PKKMB secara resmi, pada hari Senin (19/09/2022) pagi itu.

Foto: Rektor (kanan) dan Wakil Rektor (kiri) bersama mahasiswa baru

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D mengatakan, agar para mahasiswa baru dapat mengenal Universitas Trilogi lebih dekat, dan diharapkan menjadi mahasiswa yang sungguh-sungguh menimba ilmu, hingga nantinya mampu menyelesaikan pendidikan akademiknya secara tepat.

 

Rektor  Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D didampingi Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kerjasama, Dr. Kabul Wahyu Utomo, S.E., M.Si; Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Rizqon Halal Syah Aji, Ph.D; para Dekan, Wakil Dekan dan para Ketua Program Studi (Kaprodi). Acara juga dihadiri Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ), Prof. Dr. Arissetyanto Nugroho.

 

Setelah itu, acara berlanjut dengan ceramah mengenai Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, yang dibawakan oleh Sri Hesti, M.Si. Sri Hesti menjelaskan beberapa peraturan Undang-undang tentang Standar Pendidikan Nasional, serta adanya aturan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Foto: Suasana interaksi para Pembicara dengan para mahasiswa baru

Dilanjutkan materi mengenai Sex Education oleh Muhammad Iqbal, yang membahas soal permasalahan pelecehan sexual yang sering terjadi kepada kaum wanita. Dan ini harus dapat dihindari para mahasiswa, dengan mengedepankan norma-norma dan etika perilaku sebagai makhluk sosial yang baik.

 

Usia ceramah, sambutan disampaikan Presiden Mahasiswa Universitas Trilogi, Adli Hamid Ibrahim, mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora (FEBH). Adli Hamid Ibrahim menyapa para mahasiswa baru dengan semangat.

 

Setelah Ishoma, para mahasiswa baru mendengarkan ceramah dari Dr. Stepi Anriani, S.I.P., M.Si tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Sesi ini menjadi sesi yang sangat penting bagi para mahasiswa baru, dalam status mereka yang bukan siswa lagi.

 

Dr. Stepi Anriani, S.I.P., M.Si yang juga sebagai Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) ini mengawali penjelasan dengan langsung berinteraksi dengan para mahasiswa baru, soal perbedaan antara siswa dengan mahasiswa. Kemudian mulai menjelaskan soal makna setiap sila dalam Pancasila, serta implementasi dalam berkehidupan sosial.

Foto: Pembicara Dr. Stepi Anriani, S.I.P., M.Si menerima Piagam Penghargaan dari Panitia PKKMB, Ahmad Fauzi (moderator), usai ceramah

Selanjutnya, Stepi Anriani menjelaskan, beberapa ideologi yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila, serta adanya faham-faham dan rongrongan dari luar, yang secara dini harus diketahui para mahasiswa. Sehingga tidak mudah terpengaruh dengan ajaran-ajaran sesat yang bertentangan dengan keberpihakan terhadap Negara.

 

Usai topik Bela Negara, para mahasiswa baru diberikan waktu sejenak untuk rehat. Selanjutnya diberi pembekalan untuk acara-acara penting esok harinya yang harus diikuti.

 

Acara PKKMB tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu, karena pelaksanaannya via zoom meeting. Para mahasiswa berada di rumah masing-masing, karena masih tingginya dampak Covid-19, sementara para pelaksana acara ada di kampus.

 

Sementara itu diketahui, Universitas Trilogi terdiri dari 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Bisnis & Humaniora dengan Program studi: Akuntansi S1; Manajemen S1; Ekonomi Pembangunan S1; Magister Manajemen S2; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) S1; dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1. Fakultas lainnya adalah: Fakultas Sains, Teknik & Desain, dengan Program studi: Desain Komunikasi Visual S1; Desain Produk S1; Sistem Informasi S1; Teknik Informatika S1; Agribisnis S1; Ilmu Teknologi Pangan S1; dan Agroekoteknologi S1.

 

Universitas Trilogi memiliki Tiga Pilar Dasar yaitu: Teknopreneur terkait dengan Pengembangan kewirausahaan berbasis penguasaan teknologi; Kolaborasi yaitu Kemampuan bekerjasama dan mengelola teamwork yang solid serta jejaring yang luas; dan Kemandirian, yaitu Memiliki kreatifitas serta adaptif, sehingga mampu membangun potensi diri. DANS

Posting Komentar untuk "Universitas Trilogi Menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023"