Hadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Mendagri Dukung Pengembangan Potensi Wisata Desa

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendukung pengembangan potensi wisata desa. Sebab, menurutnya, salah satu yang menjadi daya tarik desa adalah wisata. Apalagi, berdasarkan hasil bacaannya, Indonesia dinobatkan majalah Forbes sebagai negara paling indah dari 50 negara di dunia. 

“Betul, nanti di-Google saja, Forbes money, UK. The most beautiful country in the world, nomor satu adalah Indonesia. Iya itu memang betul, (Indonesia) semuanya (di) mana-mana indah,” katanya dalam Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 di Gedung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Minggu (30/10/2022). 

Mendagri memaparkan, selain menjadi negara paling indah di dunia, Indonesia juga memiliki beragam suku, ribuan adat, hingga potensi kuliner yang kaya. Namun, kata dia, potensi tersebut belum dieksplorasi secara maksimal. Untuk itu, Mendagri mendorong desa untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut, termasuk potensi diving yang belum banyak diangkat. 

“Nelayan ini, cinta laut ini. Istri saya apalagi, dia memang hobinya diving, scuba diving dan itu adalah (kecintaannya). Saya sudah ke mana-mana diving ke beberapa negara, and the most beautiful and paradise untuk diving itu adalah Indonesia, betul itu,” terangnya. 

Menurut Mendagri, potensi berikutnya yang perlu dikembangkan yaitu potensi wisata belanja (shopping). Ia mengatakan, perlu dibuat paket-paket belanja sembari wisatawan menikmati hiburan, olahraga, dan lain-lainnya. Harapannya, dengan bekerja dari desa, kemajuan desa dapat melompat. Dengan begitu, tidak akan terlalu sulit untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 

“Mari kita kembangkan Indonesia kita untuk menjadi desa yang melompat,” tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengatakan, Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 yang digelar oleh Kemenparekraf tersebut memberikan kontribusi untuk mewujudkan visi Presiden Joko Widodo dalam pembangunan. Mendagri menyampaikan penghargaan dan hormatnya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno yang telah memotivasi kepala desa dalam membangun desa, khususnya di sektor wisata. 

“Saya terus terang menyampaikan penghargaan dan hormat saya yang sangat tinggi kepada Pak Menparekraf, karena (acara) ini pasti kan memotivasi rekan-rekan para kepala desa, semua desa,” tandasnya. (A)

Posting Komentar untuk "Hadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Mendagri Dukung Pengembangan Potensi Wisata Desa"