Terobosan Baru Penyelamatan Korban Bencana, RSUD Barru, BPBD Dan Basarnas Teken MoU

BARRU (wartamerdeka.info) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barru kembali melakukan terobosan baru terkait penyelamatan korban bencana yang membutuhkan penanganan medis. 

Terobosan itu ditandai dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UPT Rumah Sakit Umum La Patarai Barru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barru dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Makassar.

Penandatanganan MoU yang merupakan kali pertama di Indonesia itu digelar di ruang kerja Bupati Barru, pada Selasa (8/11/2022). 

Bupati Barru , Ir H Suardi Saleh, M.Si., yang turut menyaksikan penandatangan MoU tersebut menerangkan bahwa terkait penanganan bencana, subtansi sesungguhnya adalah saling mendukung dalam penanganan. 

Menurutnya, setiap ada kejadian terkait bencana tentu saja semua pihak turun tangan dalam hal penanganan.

"Institusi yang dilibatkan dalam MoU hari ini, adalah lembaga-lembaga yang sudah siap turun tangan. Saya kira ini menjadi tugas bersama sehingga kerja-kerja ini tidak berat,"  ujarnya.

Bupati dua periode ini menyebut, tanpa MoU pun ini sesungguhnya lembaga seperti Basarnas akan turun ke lapangan, seperti yang terjadi selama ini. Ini yang menjadi perhatian kita bagaimana semua bersinergi dalam hal penanganan bencana.

"Di Barru tahun ini akan terbangun Rescue Centre. Gedung ini nanti akan tergabung rumah sakit, BPBD, Satpol dan Basarnas. Dengan kebersamaan ini penanganan kebencanaan makin ringan," pungkas mantan Kepala Bappeda Pinrang ini.

Di tempat yang sama, Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi, menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Pemda Barru.

Menurut Djunaidi, MoU yang dilakukan Barru dengan Basarnas pada hari ini adalah yang pertama di Indonesia.

"Kami siap sedia bekerja sama kapan saja. Ini karena Bazarnas sudah terlatih soal penanganan korban. Apalagi dengan MoU ini, sinergitas Pemkab Barru dengan Basarnas makin terjalin dengan baik," terang Junaidi.

Penandatanganan MoU yang dilakukan Kepala BPBD Barru Umar, SKM. M. Kes. Direktur RSUD Lapatarai Barru drg Ulfah Nurul Huda, MARS, selain disaksikan Bupati Barru H. Suardi Saleh,  juga turut disaksikan oleh Koordinator Pos Basarnas Parepare, Dadang Tarkas, Kabag Pemerintahan Setda Barru, Andi Batara, S.STP, Kasatpol PP,Damkar dan Penyelamatan Andi Jalil Mappiare, Ketua Tim Akreditasi, dr Wahyuddin, Koordinator Pokja MFK dan Kepala Markas PMI Askar.

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar untuk "Terobosan Baru Penyelamatan Korban Bencana, RSUD Barru, BPBD Dan Basarnas Teken MoU"