Bupati Lamongan Gelar Kegiatan Coffee Morning Bersana Kepala OPD Fan Camat, Koordinasi Percepatan Kinerja Pembangunan


LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Percepatan kinerja pembangunan tahun 2023, Bupati Lamongan, melaksanakan koordinasi dengan Kepala OPD juga Camat melalui kegiatan Coffee Morning, Senin (30/1), di Aula Pertemuan Gajah Mada Lamongan. 


Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak untuk bekerja secara keroyokan, bersama-sama menangani permasalahan yang ada di Kabupaten Lamongan, utamanya permasalahan stunting.


"Ada beberapa hal yang harus kita laksanakan di tahun 2023, diantaranya ini masih ada Jamula, pembangunan showroom UMKM, pembangunan jalan lingkar utara, pembangunan RS Pantura, pembangunan kawasan terintegrasi gajah mada, penurunan dan pencegahan stunting, dan masih ada beberapa persoalan yang lain yang perlu untuk selalu kita koordinasikan. Tentu koordinasi ini sangat penting dengan harapan akselerasi kinerja pembangunan 2023 bisa tercapai," kata Pak Yes.


Beberapa arahan untuk dapat dijadikan pedoman bagi Kepala OPD dan Camat kedepannya, terkait perilaku responsif dalam menyebarkan informasi, terkait evaluasi kinerja tahun 2022 dan rencana strategis 2023, arahan untuk menjaga budaya berprestasi, manajemen pengelolaan APBD, penurunan angka stunting, TPT dan kemiskinan, persiapan MPP mini berbasis digital di kecamatan, dan peningkatan kunjungan wisatawan.


Mengenai permasalahan stunting yang merupakan persoalan penting dan benar-benar harus ditanggulangi secara optimal, Bupati mengajak untuk lebih fokus melaksanakan penanganan secara konkrit. 

"Untuk penanganan stunting, kita tidak bisa membiarkan ini hanya dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, banyak juga yang ikut andil di dalamnya, terkait gizi misalnya, keadaan sosialnya, Ini harus dikerjakan secara keroyokan. Camat bisa juga turut memonitor kader-kader posyandunya, aplikasi-aplikasi terkait juga harus benar-benar diefektifkan," terang Bupati.


Tidak hanya itu, keinginan untuk mengoptimalkan pelayanan publik dengan semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui peningkatan kapasitas layanan di kecamatan-kecamatan, dengan menghadirkan MPP digital, juga ditekankan oleh Bupati. 


Sehingga meningkatkan fungsi layanan terpadu kecamatan (Paten) menjadi MPP mini.


"MPP mini ini jangan bayangkan seperti MPP yang di Lamongan itu, tapi Paten yang ada di kecamatan itu kita naikkan kelasnya, bisa ditambah jumlah layanannya, infrastruktur, aplikasinya. Sehingga dengan beberapa urusan yang dilimpahkan melalui digitalisasi ini nanti masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Kota Lamongan," ucap Pak Yes. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama