Menko Airlangga Bersama Menteri PUPR Dan Menteri Perindustrian Resmikan Pabrik Lead Rubber Bearing Di Karawang


KARAWANG (wartamerdeka.info) - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI Airlangga Hartarto  bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint, dan Fasilitas Uji Seismic Isolator - msLAB di PT Magdatama Multi Industri, Karawang International Industrial City (KIIC), Senin (30/1).


Menko Airlangga Hartanto mengatakan, keberadaan pabrik ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri. 


“Di tengah kondisi Indonesia yang rawan gempa bumi, keberadaan pabrik bearing ini relatif penting untuk infrastruktur strategis di Indonesia. Terlebih industri karet di Indonesia sekitar Rp69 T,  jumlahnya cukup tinggi,” kata Menko Airlangga.


Menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa nantinya akan mulai menerapkan penggunaan LRB pada bangunan. “LRB tujuannya untuk meredam daya gempa. Ide dari Bapak Menko tadi, nanti akan kami kembangkan untuk gedung-gedung di kawasan yang rentan gempa di Indonesia,” jelas Menteri Basuki.


LRB ini memiliki TKDN yang tinggi yaitu 78,75%, Selain itu PT Magdatama Multi Industri juga memproduksi Expansion Joint yaitu Strip Seal Joint yang memiliki nilai TKDN sebesar 45.45% dan Seismic Modular Joint sebesar 55.95%. Expansion Joint tersebut telah diaplikasikan pada beberapa proyek Jalan Tol dan Jembatan di Indonesia, seperti Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, 6 Ruas Tol DKI – Ruas Kelapa Gading, MRT Lebak Bulus, LRT Palembang, Jembatan Holtekamp, dan lain-lain. Saat ini, penggunaan LRB juga telah disiapkan untuk pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen. 


Berdasarkan Spesifikasi Khusus SKh-1.7.47 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, LRB harus diuji secara kondisi dinamik gempa untuk membuktikan performa karakteristiknya sebelum dapat diproduksi dalam jumlah banyak. Sehingga, pada pabrik PT Magdatama Multi Industri juga tersedia fasilitas pengujian dinamik gempa dengan kecepatan tinggi untuk Seismic Isolator pertama di Indonesia, yaitu MsLAB yang juga terbesar di Asia Tenggara. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama