Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Karya Bhakti Bersama Warga Bersihkan Pohon Tumbang Di Jalan Utama


SAMBAS (wartamerdeka.info)  – Prajurit Pos Sei Tengah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha melaksanakan Karya Bhakti bersama warga masyarakat perbatasan mengevakuasi dan bersihkan sejumlah pohon tumbang akibat curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang menutup jalan utama, berlokasi di Kampung Sinjan, Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.


Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Jumat, 27 Januari 2023.


Dansatgas mengatakan, kegiatan Karya Bhakti tersebut merupakan bagian dari tugas TNI dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, dalam membantu penanganan bencana alam yang terjadi di wilayah perbatasan yang dalam hal ini bencana pohon tumbang dan tanah longsor sehingga menutupi jalan utama di kecamatan Paloh sebagai akses jalan warga perbatasan satu-satunya yang dilewati.

"Ini merupakan  wujud implementasi dari 8 (delapan) wajib TNI yaitu pada poin 8 membantu mengatasi kesulitan masyarakat disekelilingnya," ujar Dansatgas.


Dikatakannya bahwa dalam kurun waktu seminggu terakhir ini sering terjadi perubahan cuaca curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang yang turun secara terus menerus tidak hanya membuat sebagian jalanan diketinggian longsor tetapi juga terdapat pohon besar yang tumbang menutupi jalan utama Desa Sebubus, Kecamatan Paloh yang merupakan akses jalan satu-satunya yang dilewati warga perbatasan, beruntungnya tidak ada korban jiwa baik masyarakat ataupun kendaraan roda dua, roda empat yang tertimpa atau mengalami kerusakan.


"Karya Bhakti pembersihan tanah longsor dan Evakuasi pohon tumbang kami lakukan dengan mengerahkan beberapa prajurit Pos Sei Tengah Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dengan dipimpin Wadanpos Serda Efrin, dengan menggunakan mesin gergaji, kampak, golok dan tali tambang dan juga beberapa warga perbatasan ikut membantu," terangnya


"Karya Bhakti TNI merupakan metode Binter bidang Bhakti TNI yang merupakan salah satu program andalan TNI untuk membantu atau mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya, Dengan Bhakti TNI kedekatan TNI dengan rakyat semakin dekat dan terlihat guna memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat," tutup Dansatgas

(Sumber: Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama