Gedung SDN 02 dan 03 Pesanggrahan Terancam Ambruk

Oleh: Badar

Jakarta-Dua gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 02 dan 03 Pesanggrahan Jakarta Selatan terancam ambruk. Lahan tempat berdirinya dua gedung sekolah yang jaraknya hanya sekitar dua meter dari anak kali Pesanggrahan tersebut longsor.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak lama, dan pernah dilaporkan pihak sekolah ke instansi terkait, namun sayangnya sampai saat ini belum ada tanggapan. Jika kondisi ini terus dibiarkan, dikhawatirkan gedung sekolah tersebut akan ambruk dan mengancam keselamatan ribuan siswa di sekolah tersebut.

Hal itu dibenarkan pula oleh penjaga sekolah Sajirun, baru-baru ini. ‘’Sekitar dua bulan lalu telah dilakukan penurapan sementara dengan menggunakan kayu dolken dan bambu, tapi tidak kuat dan sebagian turapan itu roboh," tambanya.

Jika kondisi ini tetap dibiarkan, kata dia, maka longsoran tanah yang jaraknya hanya sekitar dua meter dari tembok sekolah itu akan terus bertambah, dan gedung sekolah pun terancam ambruk. "Ini sudah sangat membahayakan Pak," tuturnya.

Sementara Kepala Sekolah SD 02 Sundari mengatakan, kondisi longsornya tanah di belakang gedung sekolah itu telah dilaporkan ke pihak kecamatan, Sudin Pendidikan Dasar (Dikdas), dan Sudin PU Tata Air. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya dan hanya penurapan sementara.

Oleh karena itu, Sundari meminta kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui instansi terkait untuk segera melakukan penurapan secara permanen dengan menggunakan bahan beton, karana jika kondisi ini tidak segera ditangani maka longsoran tanah tersebut akan terus bertambah dan tentunya sangat membahayakan siswa.

Ati Angkasa, Kepala Sudin Tata Air Jakarta Selatan ketika dikonfirmasi mengatakan, penurapan sungai di belakang sekolah tersebut menjadi program utama yang diusulkan pada anggaran tahun 2008. "Kami telah mengajukan anggaran untuk penurapan itu," ungkapnya. "Mudah-mudahan awal tahun sudah bisa dikerjakan," ujarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama