Anas Effendi Dilantik Jadi Wakil Walikota Jaksel



Oleh: Badar/Aris

JAKARTA (wartamerdeka) - H. M. Anas Effendi, SH, MM, dilantik sebagai Wakil Walikota Jakarta Selatan, oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, pekan lalu. Pria kelahiran Jakarta, 15 April 1959 yang terakhir menjabat sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan ini dilantik bersama dengan delapan pejabat esselon DKI Jakarta, lainnya.


Selain Anas Effendi, para pejabat eselon yang dilantik yaitu, Paimin Napitupulu sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI, Achmad Ludfi sebagai Kepala Biro Administrasi Wilayah DKI, Syamsul Arfan Akilie sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan, Muchtar Rosjid sebagai Kepala Kantor Pengelola Teknologi Informasi Provinsi DKI, Sri Mulyorini sebagai Kepala Kantor Arsip Daerah DKI, Daryati Asrining Rini sebagai Kepala UPT BLU Transjakarta Busway Dinas Perhubungan DKI, Dradjat Adhyaksa sebagai Kepala Sub Dinas Perhubungan Udara, Angkutan Jalan Rel dan Penyeberangan Dinas Perhubungan DKI dan Abdullah Husen sebagai Kepala Administrasi Kearsipan Daerah Biro Umum DKI.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dalam pidato pelantikan itu menyatakan, kesembilan pejabat eselon yang dilantik merupakan pilihan terbaik setelah melalui proses yang ketat dari Badan Pertimbangan Jabatan. “Semuanya telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada politisasi,” kata Fauzi Bowo usai acara pelantikan.

Badan Pertimbangan Jabatan telah melakukan proses seleksi dengan hati-hati melalui rekam jejak pejabat yang bersangkutan. Hasil dari proses penjaringan tersebut jadikan acuan gubernur dalam penetapan kebijakan penempatan pejabat pada waktu dan tempat yang tepat.

Gubernur berpesan agar mereka harus berusaha keras untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya setiap tahap kemajuan pembangunan di Jakarta yang dicapai selama ini selalu diiringi dengan meningkatnya aspirasi, harapan, dan kebutuhan masyarakat. Bahkan tidak jarang dikuti munculnya masalah yang lebih baru dan kompleks. Harus dipahami, sikap masyarakat yang semakin kritis perlu dijawab dengan pelayanan yang semakin baik.

“Mereka (pejabat yang dilantik-red) harus memperhatikan sungguh-sungguh setiap aspirasi dan keluhan masyarakat yang berkembang, karena baik buruknya citra Pemprov DKI tergantung upaya pelayanan mereka,” pesan Fauzi Bowo. Hal itu telah menjadi tekad Pemprov DKI dan dapat dilihat dengan pembaharuan birokrasi serta pola kerja yang baru. Semuanya itu harus memuat target kerja yang terukur, sasaran yang jelas serta output dan income yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kinerja para pejabat baru akan dinilai selama enam bulan ke depan untuk melihat sampai sejauhmana pelaksanaan tugasnya. “Saya minta mereka segera memahami betul apa yang harus dikerjakan berdasarkan tupoksinya,” kata dia. Jika ke depannya ada pejabat yang tidak memenuhi indikator dalam performance agreement yang ditandatangani saat dilantik, maka akan dilakukan pembinaan kepada pejabat tersebut. “Tapi saya harap semuanya baik,” tandas Fauzi Bowo.

Seusai pelantikan, Anas Effendi menyatakan, dirinya siap melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dia juga menyambut baik, adanya evaluasi atau penilaian selama enam bulan ke depan terhadap para pejabat yang baru dilantik. Sebab hal itu akan memacu para pejabat bekerja lebih baik lagi.

Lulusan Pasca Sarjana STIE Ganesha Jurusan Manajemen tahun 1998 ini memang prestasi lumayan baik. Ini bisa dilihat dari kariernya yang terus melonjak. Bahkan dia pernah pula mendapat penghargaan sebagai Camat Terbaik II tingkat Provinsi DKI Jakarta, yakni saat dia menjabat sebagai Camat Cilandak.

Kariernya di lingkungan Pemkot Jakarta Selatan memang dimulai saat dia dilantik menjadi Camat Cilandak pada 7 September 1995. Jadi bagi Anas, lingkungan tugas di wilayah Jakarta Selatan, memang bukan hal yang baru. Setelah menjabat Camat dia kemudian dilantik menjadi Asisten Administrasi Sekodya Jaksel pada 1 Oktober 2001. Selanjutnya dia dilantik menjadi Asisten Umum dan Keuangan Sekodya Jaksel pada 28 Desember 2001. Kemudian pada 28 Desember 2006, Anas dilantik sebagai Sekretaris Kotamadya Jakarta Selatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama