Hadiri HKG Ke 47 di Sumbar, Nelli Wati Saply Terkesan Dengan Tanah Minang


PADANG (wartamerdeka.info) - Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Hj. Nelli Wati Saply menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 Tingkat Nasional Tahun 2019, di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (25/7/2019).

Beberapa pengurus TP PKK Kabupaten Mesuji juga turut hadir mendampingi istri Plt Bupati Mesuji itu, di antaranya yaitu Sekretaris Herawati, Anggota Hapsoh Sobirin, dan Staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bidang Bina Pemerintahan dan Kelembagaan Desa Hendra Kurniawan.S.Kom.

Selain pengurus TP PKK Kabupaten Mesuji, kegiatan yang mengusung tema “PKK Bekerja, Keluarga Indonesia Sejahtera” ini juga dihadiri sekitar 3.000 lebih kader PKK dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Kegiatan puncak peringatan HKG PKK ke-47 tingkat nasional ini dibuka secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI yang sekaligus Ketua Dewan Pembina TP PKK Pusat Tjahjo Kumolo. Di samping itu hadir pula Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan, HKG PKKmerupakan salah satu momentum yang memiliki arti strategis dalam pelaksanaan program PKK. Utamanya, dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

“Program-program gerakan PKK ini harus dilanjutkan khususnya yang bersifat membangun dan meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan keluarga, sejalan dengan arah pembangunan pemerintah,” ungkapnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo meminta, gerakan PKK harus terus merajut dan merangkai potensi nasional yang ada secara efektif dan integratif melalui program yang dimiliki. Sinergitas tersebut harus dirajut antara PKK dengan OPD mulai tingkat provinsi sampai di tingkat kelurahan dan desa.

“Dengan demikian akan tercipta keterikatan dan sinergitas yang kuat antara PKK dengan pemerintah sehingga akan mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujarnya sembari menegaskan bahwa PKK harus terlepas dari berbagai kepentingan baik pribadi maupun golongan.

Di akhir sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader PKK atas kerja kerasnya membantu sosialisasi dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat sampai pemerintah desa. Terlebih lagi, kader PKK ini telah mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakat untuk menjadi lebih mandiri.

Pada  puncak peringatan tersebut juga dirangkai dengan berbagai acara pokok yang melibatkan seluruh kader PKK dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. Antara lain yaitu Pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), lomba program PKK, serta seminar nasional PKK. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak tangga 24 Juli hingga 27Juli 2019.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji, Hj.Nelli Wati Saply mengaku sangat terkesan dengan keindahaan alam serta keberagaman budaya dan kuliner yang ada di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Bahkan, dia menilai tanah minang itu memang sangat nyaman dan membuat betah siapapun yang mengunjunginya.

"Saya sangat berkesan berkunjung kesini, mulai dari suasana alamnya indah, orang-orangnya ramah, dan berbagai olahan  kulinernya enak. Untuk itu, ada beberapa hal yang saya contoh untuk di bawa pulang ke Mesuji seperti pola pengelolaan objek wisatanya yang bagus, sebagai acuan kita untuk memajukan daerah,"ujarnya.(muslim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama