Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Pelabuhan Makassar Dan Semayang Raih Penghargaan Pelabuhan Sehat 2020

Pelabuhan Makassar dan Semayang Raih Penghargaan Pelabuhan Sehat 2020

Penghargaan Pelabuhan Sehat Tahun 2020
                       
MAKASSAR (wartamerdeka.info) -– PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berhasil meraih penghargaan sebagai Pelabuhan Sehat Tahun 2020 yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-56.

Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, ada dua pelabuhan kelolaan yang berhasil meraih penghargaan tersebut, yakni Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Semayang di Balikpapan.

“Selamat kepada Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Semayang atas penghargaan sebagai Pelabuhan Sehat Tahun 2020. Semoga penghargaan ini menjadi pemantik bagi pelabuhan lainnya di lingkungan Pelindo IV untuk juga terpacu menjadi Pelabuhan Sehat,” kata Toto dalam keterangan tertulis, Kamis (19/11/2020).

Dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan, dephub.go.id, proses penilaian akhir kepada para peserta lomba kategori Pelabuhan Sehat Tahun 2020 dilakukan secara presentasi melalui virtual oleh Ketua Forum atau Pokja Pelabuhan Sehat serta melalui dokumentasi video sebagai pengganti verifikasi lapangan yang tidak dapat dilakukan saat kondisi pandemi Covid-19.

Untuk mendapatkan penghargaan kategori Pelabuhan Sehat Tahun 2020, masing-masing peserta lomba harus dapat mengumpulkan nilai minimal 7.000 dari nilai tertinggi 10.000 sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Bandar Udara dan Pelabuhan Sehat.

Tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelaku usaha rumah makan atau restoran, jasa boga dan usaha sejenisnya yang telah menerapkan protokol kesehatan, terminal sehat, pelabuhan dan bandar udara sehat serta fasilitas pelayanan kesehatan yang telah bebas dari alat kesehatan yang mengandung merkuri, sehingga dapat memberikan rasa aman, nyaman dan sehat serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan sekaligus menekan penyebaran Covid-19.

Sekedar informasi, terdapat beberapa kategori penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2020, di antaranya Terminal Sehat, Pelabuhan Sehat dan Bandar Udara Sehat, Restoran atau Rumah Makan, Jasa Boga, Sentra Pangan Jajanan dan sejenisnya, serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Bebas dari Alat Kesehatan Bermerkuri.

Adapun, penghargaan kategori Pelabuhan Sehat telah diselenggarakan sebanyak empat kali sejak 2013 lalu. Pemberian penghargaan ini menjadi agenda rutin setiap dua tahun sekali.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-56 yang mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan merupakan seruan kepada segenap komponen masyarakat, tenaga kesehatan dan mitra kesehatan untuk bersama-sama menyelamatkan bangsa dari pandemi Covid-19. (A)

Acara tersebut digelar oleh Kementerian Kesehatan secara daring dan luring di Auditorium G.A Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta, pada Selasa (17 November 2020), dengan melibatkan beberapa Kementerian, di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Posting Komentar untuk "Pelabuhan Makassar Dan Semayang Raih Penghargaan Pelabuhan Sehat 2020"