R Muchtar HP, Tokoh Putra Daerah Purwakarta Raih Gelar Doktor Dengan Sempurna (4.0)

Kini Resmi Jadi Dekan Fakultas Hukum UNKRIS Jakarta


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  -  Muchtar HP SH MH berhasil meraih gelar doktor dengan IPK 4.0. Ini adalah satu prestasi nilai Akademik yang luar biasa bagi putra asli Purwakarta ini.

Warga Purwakarta patut bangga dengan Dr R Muchtar HP SH MH yang sekarang secara resmi menduduki jabatan baru sebagai Dekan FH Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta.

Dalam ujian terbuka/sidang Promosi Doktor yang diselenggarakan Program Pasca Ilmu Hukum UNKRIS Jakarta, Jum'at (6/11/2020) R Muchtar HP dengan disertasinya yang berjudul " Relasi Kelembagaan DPD RI dan DPR RI dalam sistem Parlemen Bikameral di Indonesia", membuat 9 Profesor Guru Besar FH  dari berbagai Universitas sebagai penguji merasa puas.

Dari rangkuman Desertasi yang dibuat Dr R Muchtar HP diantaranya, untuk pemilihan Anggota DPD - RI harusnya terpisah dari Pileg dan Pilpres, pasalnya Kedudukan Lembaga Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang lahir setelah era reformasi atau pasca amandemen UUD 1945 yang keempat dinilai sejumlah pihak kurang diberikan kewenangan oleh konstitusi.

Sebagai lembaga yang merepresentasikan Daerah serta dalam rangka mewujudkan konsep check and balances, sistem parlemen dua kamar atau bikameral, serta keadilan sosial, DPD dipandang perlu diberikan kewenangan yang setara dengan DPR RI.

Sementara dalam sambutannya Guru Besar Fakultas Hukum Univerasitas Krisnadwipayana yang juga mantan Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Prof Dr Gayus Lumbuun SH MH salah seorang penguji, menjelaskan, Doktor Muchtar Herman Putra merupakan Doktor ke 24 yang dilahirkan dari Universitas Krisnadwipayana dan gelar doktor yang diperoleh bukanlah suatu akhir dari  prestasi akademik namun justru merupakan awal untuk selanjutnya dapat dipertahankan secara keilmuan.

Dr R Muchtar HP SH MH 

Gelar Doktor secara keilmuan akan diuji dalam kehidupan bermasyarakat dimana masyarakatlah yang akan menilai kemampuan akademik seorang Doktor.

"Jadi bukan hanya gelar semata namun harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, gelar Doktor yang diraih Muktar Herman Putra diharapkan dapat berguna bagi masyarakat dan bangsa untuk menerapkan karya-karyanya," nelas Prof Gayus.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Program Pasca Sarjana Ilmu Hukum UNKRIS, Doktor. Firman Wijaya SH MH dan Plt Rektor Unkris Amir Karyatin SH, ini  dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama