Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Hasil Survei Terbaru: Appi-Rahman Tertinggi, Berpeluang Besar Menangkan Pilkada Makassar

Paslon Wali Kota - Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Rahman Bando atau Appi-Rahman


MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Elektabilitas pasangan calon (Paslon) Wali Kota - Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Rahman Bando atau Appi-Rahman terus meningkat. Pasangan ini berpeluang besar menangkan Pilkada Makassar pada 9 Desember 2020 nanti.

Lembaga survei Roda Tiga Konsultan dalam  survei terbarunya mencatat, Appi-Rahman yang banyak mendapat dukungan dari para Ketua RT dan RW ini menyalip paslon Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse.

Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Muhammad Taufiq Arif menjelaskan dalam survei ini, responden ditanya saat mengambil surat suara dan lakukan pencoblosan maka terlihat pilihannya pada 9 Desember 2020. Hasilnya, responden yang pilih Danny-Pomanto-Fatmawati sebanyak 32.5 persen.

Lalu, Appi-Rahman unggul tipis dengan meraih 33.1 persen. Pun, paslon lain Syamsu Rizal-Fadli Ananda meraih 10.4 persen, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun 3.8 persen. 

Sementara, sisanya sebanyak 11.9 persen masih merahasiakan pilihannya. Adapun, 6.9 persen memilih tak menjawab.

Kemudian, dalam survei, responden juga ditanyakan pilihannya pada Rabu pekan depan. Hasilnya, lagi-lagi paslon Appi-Rahman meraih 33,6 persen. Sementara, petahana Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse dapat 33.2 persen.

Dua paslon lain yakni Syamsu Rizal-Fadli Ananda 10.7 persen, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun meraih 3.8 persen.

Menurut Taufik, dari survei pertama hingga keempat memang Appi-Rahman cenderung mengalami kenaikan.

“Titik temunya itu tren paslon nomor 2 naik terus dari survei pertama hingga survei keempat. Sedangkan paslon nomor 1 sempat naik di survei kedua, tetapi ketiga dan keempat turun,” kata Taufiq, dalam keterangannya, Rabu (2 Desember 2020).

Dia memprediksi Appi-Rahman di atas kertas berpotensi memenangkan Pilkada Kota Makassar 2020. Meskipun duet itu ditempel ketat paslon nomor urut 1.

"Tapi, di atas kertas kalau tidak ada kejadian luar biasa paslon nomor 2 akan memenangkan pemilihan,” jelas Taufiq.

Menurut dia, tren kenaikan Appi-Rahman karena menurunnya undecided voters. “Saat ini turun pasti ada yang naik. Awalnya undecided voters masih 30 persen di survei pertama,” jelasnya.

Dari survei itu diketahui pemilih yang belum tentukan pilihannya jelang pencoblosan tinggal 18.8 persen. Pun, sebanyak 72.2 persen yakin dengan pilihannya. Lalu, 27.8 persen masih ragu-ragu.

Survei Roda Tiga Konsultan ini dilakukan terhadap 820 responden secara tatap muka. Metode yang digunakan adalah metode stratified random sampling pada periode 14 hingga 16 November 2020 dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Lalu, margin error pada survei ini 3,53 persen. (A)

Posting Komentar untuk "Hasil Survei Terbaru: Appi-Rahman Tertinggi, Berpeluang Besar Menangkan Pilkada Makassar"