Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 


Didukung Fasilitas Yang Memadai Dan Guru Besar Handal, FH UKI Jakarta Siap Cetak Praktisi Hukum Profesional

Hulman Panjaitan SH MH: Alumni Kami Sudah 6000 Lebih 

Dekan FH UKI Jakarta Hulman Panjaitan SH MH

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta yang memiliki visi menjadi Fakultas Hukum Unggul di kawasan Asia pada tahun 2034 makin memantapkan posisi sebagai kampus yang mempunyai keunggulan komparatif: mencetak ‘PRAKTISI HUKUM”. 

"Jadi siapa yang ingin menjadi seorang praktisi hukum, seperti pengacara/advokat, konsultan, jaksa, hakim, kurator, arbiter, diplomat, legislator, notaris, silahkan kuliah di FH UKI," ujar Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta Hulman Panjaitan, SH. MH dalam wawancara khusus dengan wartamerdeka,  hari ini. 

Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 Oktober 1958, dan saat ini sudah berusia 63 tahun, memang cukup dikenal dan termasuk favorit.

Secara nasional FH-UKI ini ada pada peringkat 23 dan memperoleh peringkat Akreditasi “A”. Dan saat ini, sedang dalam proses persiapan akreditasi internasional.

Hulman Panjaitan mengungkapkan,  berdasarkan kurikulum yang mengacu kepada Kerangka Kualifiaksi Nasional Indonesia (KKNI), mahasiswa UKI diasah untuk menjadi terampil dan handal menjadi seorang praktisi. 

Hal ini didukung dengan para pengajar yang bergelar Doktor dan Guru Besar yang benar-benar ahli di bidangnya, yang selain akademisi, juga sekaligus praktisi sehingga transfer of knowledge benar-benar terjamin dan berkualitas. 

"FH UKI saat ini sudah memiliki lebih dari 6000 lulusan yang tersebar di berbagai profesi seperti aparat penegak hukum, eksekutif dan legislatif," tambah Hulman Panjaitan.

Beberapa tokoh nasional yang diketahui adalah lulusan UKI, di antaranya adalah Dr. Albert Hasibuan, SH (eks mantan Watimpres dan advokat), Dr. Agustin Teras Narang (eks Gubernur dan saat ini anggota/Ketua Komite I  DPD RI), Prof. Dr. John Pieris, SH. MS (eks anggota DPD RI), Dr. Artha Thresia Silalahi (hakim tinggi), Yapto. S. Soerjosoemarno, SH (Advokat-Entrepreneur), Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH.MH., MBA (Advokat-entreepreneru dan Rektor UKI) dan sejumlah tokoh lain.   

"Mereka yang kuliah di FH-UKI berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, dari segi persentase dominan dari Jabodetabek ditambah dari daerah Sumatera Utara, Indonesia bagian Timur, Papua dan Jawa-Bali,"  ungkap Hulman Panjaitan, SH. MH yang lahir di Tapanuli Utara pada 20 September 1968.

Hulman yang juga Wakil Ketua Asosiasi Penyelenggaran Program Studi Ilmu Hukum  Indonesia sejak 2014 sampai dengan sekarang, mengemukakan pula, terhadap calon mahasiswa yang dianggap berprestasi diberikan bea siswa full melalui penerimaan mahasiswa jalur undangan termasuki bagi mahasiswa berprestasi. 

"Kampus FH-UKI adalah Kampus KASIH, Kampus Bhinneka Tunggal Ika baik dari segi suku dan agama dan karenanya dikenal sebagai Kampus Nasional," ujar Hulman yang mengajar di FH UKI sejak Nopember 1994 dan diangkat menjadi Dekan pada 2014.

Diungkapkan juga oleh Hulman yang merupakan  Ketua Ikatan Alumni Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, Jakarta tahun 2010 sampai sekarang, untuk mendukung keunggulan komparatif dan profil lulusan FH-UKI sebagai Praktisi Hukum, sejumlah sarana dan prasarana baik yang bersifat utama maupun supporting telah disediakan secara lengkap.

Dimulai dengan ruang kuliah yang kondusif dan representatif dilengkapi dengan AC dan teknologi fasilitas pembelajaran 

"Disediakan juga ruang khusus Peradilan Semu (Moot Court), ruang Debat Mahasiswa dan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), diantaranya  UKM Forum Diskusi Ilmiah Mahasiswa (FDIM), Lembaga Pers Mahasiswa GEMA, Suara Mahasiswa, Peradilan Semu, C’mara Buana atau Pencinta Alam, Olah Raga dan Persekutuan Mahasiswa," ujar Hulman yang sudah menghasilkan 14 buku ini.

Tak hanya itu. Menurut Hulman yang  tersertifikasi sebagai Dosen Profesional sejak tahun 2011 dengan jabatan Lektor Kepala, FH UKI memiliki perpustakaan tersendiri selain perpustakaan UKI dan ruang Laboratorium serta Pusat Bantuan Hukum. 

"Bahkan, hampir setiap tahun UKM Persemu FH-UKI mendapat juara Kompetsisi Peradilan Semu Tingkat Nasional serta menjuarai Lomba Debat tingkat Nasional dan Legal Opini, baik nasional maupun internasional," tambah Hulman yang juga Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Wilayah Jakarta Pusat, tahun 2018 sampai sekarang. 

FH UKI, kata Hulman lagi, juga sering menjadi penyelenggaran Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional Piala Menteri Hukum dan HAM RI kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM RI. 

"FH UKI juga sering menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Lomba Debat Nasional," kata Hulman yang dikenal sering menulis di berbagai media cetak dan elektronik, surat kabar, majalah dan jurnal, baik nasional maupun internasional. 

Hulman mengungkapkan pula, FH UKI sering menggelar sejumlah seminar nasional maupun internasional. 

"Sebagai bagian dari institusi pendidikan tinggi di bidang hukum, FH UKI juga telah banyak memberikan konstribusi kepada pemerintah dalam pembangunan hukum nasional, khususnya RUU KUHP, UU Tindak Pidana Korupsi, UU Pemilu, UU Ciptaker dan sejumlah peraturan perundang-undangan lainnya," ungkap Hulman yang sering menjadi ahli baik di tingkat penyidikan dan pemeriksaan persidangan di Pengadilan. 

Pada 14 dan 15 April 2021 mendatang, FH UKI juga akan menyelenggarakan konferensi Internasional yang hasilnya dipublikasi melalui jurnal internasional bereputasi dan/atau jurnal internasional terindeks scopus.

Di bidang kerjasama dalam peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, FH UKI juga menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta, baik dalam maupun luar negeri. 

"Di antaranya adalah dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, sejumlah perusahaan swasta dan Hans Seidel Foundation (HSF) sebuah lembaga internasional yang berkedudukan di Jerman," ujar Hulman yang juga menjadi Dewan Penasehat Pengurus Asosiasi Kota PSSI Jakarta Timur Tahun 2018 sampai sekarang.  

"FH UKI kini juga memiliki tiga Desa Binaan di daerah Sumatera Utara dan Banten," ungkap Hulman lagi. 

Disebutkan juga, kini untuk kuliah di UKI, para calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri secara on line, termasuk test Ujian Saringan Masuk melalui website UKI di http://www.uki.ac.id/ atau on line registration di pmb.uki.ac.id.

"Disediakan jalur undangan dan jalur prestasi," pungkasnya. (Aris) 

Posting Komentar untuk "Didukung Fasilitas Yang Memadai Dan Guru Besar Handal, FH UKI Jakarta Siap Cetak Praktisi Hukum Profesional"