Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Patut Diapresiasi, Tokoh Nelayan M Yusuf Tokeh Bangun Penerangan Jalan Di Sejumlah Titik Di Pangkalan Brandan

M Yusuf Tokeh 

PANGKALAN BRANDAN (wartamerdeka.info) - Kota Pangkalan Brandan yang terletak di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara, bagi generasi tahun 80 sampai 90-an tidak asing lagi, karena kota itu terkenal  dengan hasil minyak buminya dan juga karena lokasi pertama ditemukannya sumber minyak  di Indonesia. 

Dari kota Brandan lah awal Perusahaan milik Negara  PERTAMINA memulai usahanya menghasilkan devisa untuk negara.Maka tak heran dari hasil minyak yang punya nilai ekonomi  tinggi tersebut mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat Pangkalan Brandan saat itu. Tingkat kesejahteraan dan daya beli masyarakatpun semakin meningkat.

Namun sangat disayangkan, kondisi itu tidak bertahan lama seiring dengan kebijakan Pemerintah menutup kilang minyak serta menutup seluruh kegiatan eksplorasi di wilayah Sumatera Bagian Utara termasuk di Pangkalan Brandan  tahun 2007

Akibat dari penutupan kilang kilang minyak tersebut berdampak kepada  menurunnya tingkat kehidupan ekonomi masyarakat. Infrastruktur kota seperti jalan dan  lampu penerangannya yang dulunya dibiayai oleh PERTAMINA sehingga wajah kota terlihat terang benderang, saat ini kondisinya berbeda. 

Jalan jalan utama banyak yang berlubang  juga, sebagian sudut kota di malam hari  terlihat gelap karena  tidak ada lampu  penerangan yang memadai. 

Lambatnya respon dari Pemerintah Daerah dalam mengatasi kondisi yang ada di kota minyak itupun menimbulkan rasa keprihatinan dan ketidak percayaan terhadap kinerja apatur dari warganya.

Di tengah kondisi seperti itu, munculah M.Yusuf Tokeh seorang pemuda berprofesi nelayan di Pangkalan Brandan yang punya jiwa sosial dan punya semangat juang untuk membangun kota kelahirannya dengan kemampuan yang dimiliki baik tenaga maupun materi. 

Jiwa sosial seperti itu pantas untuk dicontoh terutama  kaum milenial. Tanpa harus menunggu lama tindakan dari Pemerintah daerah yang selama terkesan lambat dan kurang tanggap.

Inilah salah satu sudut kota yang lampu penerangannya dibangun M Yusuf Tokeh 

M Yusuf Toke memprakarsai pemasangan lampu penerangan jalan di beberapa titik seperti di sepanjang area Jembatan Pelawi atau Titi Pelawi, Jalan Petrolia dan Area Patung Tugu Pahlawan dan beberapa tempat lainnya di Brandan. 

Saat ini kawasan yang dahulu gelap kini menjadi terang. "Dulu jalan Petrolia ini kalau udah malam sikit takut orang lewat sini, gelap kali. Sekarang udah berani orang," yjar M.Yusuf Toke yang dikenal sebagai pengusaha perikanan kepada wartamerdeka.info, hari ini.

Tak sampai di situ, M.YusupTokeh yang juga Ketua Yayasan Jalinan  Tali Persaudaraan Brandan juga peduli dengan persoalan pelayanan kesehatan masyarakat yang belum sepenuhnya diatasi Pemerintah Daerah seperti penyediaan  mobil ambulan jumlahya yang sangat terbatas. Untuk itu  Yusuf memberikan 1 unit mobil Ambulance untuk kepentingan masyarakat yang tidak mampu.

Menyikapi persoalan lambatnya perkembangan pembangunan di Pangkalan Brandan M.Yusuf berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya Bupati lebih memproritaskan pembangunan yang bersifat strategis di Brandan. 

(Hanafi)

Posting Komentar untuk "Patut Diapresiasi, Tokoh Nelayan M Yusuf Tokeh Bangun Penerangan Jalan Di Sejumlah Titik Di Pangkalan Brandan"