Terobosan Baru, Bupati Nelson Alihkan Status Sejumlah TK Swasta Menjadi Negeri

GORONTALO (wartamerdeka.info) - Pemerintahan Bupati Nelson Pomalingo dan Wabup Hendra Hemeto,  baru sebulan bekerja, namun, kedua figur itu telah sepakat melakukan inovasi dan terobosan baru guna meningkatkan sektor pendidikan di daerah ini.  

Untuk mengembangkan sekolah Taman Kanak- Kanak ( TK), Bupati Nelson mengalih fungsikan sekolah TK swasta menjadi sekolah negeri. Seperti diketahui, alih fungsi sekolah ini akan dilaksanakan disetiap wilayah yakni satu kecamatan satu sekolah TK swasta   menjadi sekolah Negeri. 

"Hal ini dilalukan, karena fakta menunjukkan, ada 72 guru TK terhambat tidak bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil karena mengajar di sekolah swasta. Maka hari ini guna memudahkan akses itu  sekolah - sekolah itu dialih fungsikan menjadi negeri dan ini adalah sejarah baru di Kabupaten Gorontalo," beber Nelson, saat meresmikan sekolah TK pembina di  desa mollalahu kecamatan Pulubala, (20/03/2021).  

"Memberikan peluang besar bagi guru honorer menjadi guru ASN," kata dia lagi. 

Tak hanya itu, peluang berkembang sekolah itu sendiri karena bakal memudahkan masuknya anggaran besar baik dari pusat maupun daerah. "Anggaran lebih baik lagi baik dari pusat maupun daerah sebagai bentuk pengembangam sekolah," imbuhnya. 

Karena itu dirinya meminta kepada kepala sekolah untuk membenahi sekolahnya dengan. Baik membenahi murid atau anak anak sekolah hingga fasilitasnya.

"Diharapkan membina sekolah -sekolah lain. Menjadi role model bagi sekolah sekitar Sehingga akan berkembang lebih baik lagi," harap Nelson. 

Alasan lain, kata Nelson karena TK itu adalag pondasi kuat untuk pengembangan SDM anak. Kalau pondasi dari TK sudah kuat maka secara otomatis sumber daya manusia menjadi bagus sampai ke yingkat SMP, SMA. 

"Termasuk pengangkatan P3K hingga menjadi pegawai negeri," ungkap Nelson. 

Dalam kesempatan itu, Bupati dua periode itu mengatakan, persoalan keterlambatan pembayaran sertifikasi guru akan segera diselesaikan. "Sertifikasi guru bakal dibayarkan dalam waktu dekat yakni antara  bulan Desember, Januari,  hingga bulan  Maret," ujarnya. 

Mantan Rektor UG itu pun mengatakan, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021, semua sekolah di Kabupaten Gorontalo akan dibuka. Saat ini kata Nelson sudah mulai ada proses uji coba di semua sekolah dan bulan Mei serenak dibuka. 

Namun bagi Nelson, ini pun ada harus kesepatakan bersama orang tua. 

Anak-anak hari ini sudah mulai jenuh berada di rumah terus termasuk stres dengan sistem pembelajaran yang kurang efektif karena melalui virtual. 

"Ketika disepakati bersama orang tua maka bulan Mei bertepatan hari Pendidijan Nasional selhruh sekolah dibuka. Dengan pembelajaran mengedepankan protolol kesehatan," tutup Nelson. (Ar/Ir)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama