Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Bupati Suardi Saleh Sebut 25 Tahun Otonomi Daerah Hadir Dalam Semangat Yassiberrui

BARRU (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten Barru bersama Forkopimda, ikuti peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021yang digelar secara nasional melalui saluran virtual, di Barru Smart Information Center (Basic), Sore tadi, Senin (26/4/2021).

Tema yang diangkat secara nasional di Hari Otonomi Daerah ini, berbunyi "Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong, di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju".

"Alhamdulillah, Masyarakat kita telah Dewasa, Pilkada Tahun kemarin menjadi bukti kedewasaan itu, saat ini, kita berharap agar semua semakin dalam untuk memahami bahwa tujuan pemerintahan adalah kesejahteraan rakyat dengan memaksimalkan sumberdaya lokal yang ada, dan bersama menerabas halang rintang yang mungkin menghadang," sebut Bupati Barru Ir. H Suardi Saleh M.Si, sebagai Kepala Daerah yang bersama kompatriotnya, Kompol Purnawirawan Aska Mappe SH, berhasil memenangkan Pilkada Serentak 2020 Tahun kemarin dengan perolehan suara signifikan dan tingkat partisipasi pemilik suara paling tinggi dalam sejarah Pemilukada di Barru.

Ia menyebut bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke 25 ini, semoga membuat setiap pihak kembali merenungi makna Otonomi Daerah dan tujuannya.

"Mari maknai momentum ini, untuk kembali mengingat bahwa otonomi daerah, untuk kemandirian politik, pembagian wilayah administrasi, dan keberdayaan ekonomi, nah poin ketiga, untuk tujuan berdaya ekonomi dalam Otonomi Daerah, dapat dipercepat dengan Semangat Yassiberrui," tambahnya sembari mengkampanyekan tagline Semangat Yassiberrui, Ia berujar bahwa Spirit Yassiberrui mengandung makna Otonomi Daerah yang kuat.

Hal ini, dimaksudkan dengan massifnya upaya Pemda Barru sebagai Daerah yang berkembang ke wilayah layanan jasa, apalagi dengan peningkatan aktivitas ekonomi di kawasan ekonomi Garongkong, maupun pemerataan perhatian pembangunan yang terbagi merata ke semua kecamatan.

Hadir di Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, adalah Wakil Bupati Barru Aska Mappe, bersama institusi Polres Barru, Kejaksaan Negeri Barru, TNI dalam hal ini Danramil Barru, serta unsur Pengadilan Negeri Barru.

Sementara itu, Kegiatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 yang digelar secara virtual ini diikuti oleh seluruh kepala daerah baik provinsi, kabupaten/kota, DPRD, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi gelaran peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25.

Sedangkan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam pengantarnya menyebutkan, kehadiran Wakil Presiden menegaskan kembali betapa pentingnya otonomi daerah.

Pada gelaran tersebut, Mendagri yang didampingi Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Akmal Malik juga berkesempatan meresmikan tiga sistem aplikasi layanan yang dibangun Kemendagri. Sistem aplikasi tersebut di antaranya Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Si-LPPD).

Mendagri mengatakan, ketiga sistem tersebut merupakan terobosan dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah untuk mengakomodasi urusan pemerintah daerah. (Hms/Syam)

Posting Komentar untuk "Bupati Suardi Saleh Sebut 25 Tahun Otonomi Daerah Hadir Dalam Semangat Yassiberrui"