Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Dugaan Penyusupan Telepon: Setiap Orang atau Organisasi yang Menuduh Maroko Harus Membawa Bukti

Setiap orang atau organisasi yang menuduh Maroko harus membawa bukti, atau menganggap tuduhan fitnah mereka di pengadilan, kata Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di Luar Negeri Nasser Bourita pada Kamis sehubungan dengan kampanye media yang gigih atas dugaan penyusupan telepon.  beberapa tokoh masyarakat nasional dan asing melalui perangkat lunak komputer.

"Keadilan itu ada justru untuk memverifikasi tuduhan berdasarkan bukti material dan nyata. Beberapa orang telah memilih jalan ini. Mereka akan mengajukan bukti yang mereka miliki, atau tidak miliki," kata menteri dalam wawancara dengan pan  -Majalah Afrika Jeune Afrique.

Maroko juga telah memilih untuk mempercayai keadilan, di dalam dan di luar negeri, tambah Bourita, yang mencela "layar asap", dan "gertakan palsu (...) tanpa bukti", menyerukan "menjelaskan fakta, jauh dari kontroversi.  dan fitnah”.

Menurut menteri, “inilah yang tidak dilakukan oleh Cerita Terlarang maupun Amnesty International, yang mendasarkan cerita mereka hanya pada spekulasi murni”, mencatat bahwa judul-judul tertentu yang disatukan dalam konsorsium ini “melayani agenda yang terkenal karena permusuhan utama mereka terhadap Maroko dan  “diperkuat oleh keberhasilannya di bawah kepemimpinan HM Raja Mohammed VI”.

 Bourita menambahkan bahwa permusuhan ini, "tidak bisa lagi bersembunyi di balik sikapnya yang terpelajar dan beradab".  "Ini bukan jurnalisme. Ini sabotase besar-besaran," katanya.

Ditanya apakah Maroko mempertahankan posisinya yang telah ditegaskan pada 2019, yang menurutnya Kerajaan belum memperoleh perangkat lunak Pegasus, menteri tersebut mengatakan: "kami mempertahankannya dan kami menganggapnya dengan semua tanggung jawab".

Menteri menunjukkan bahwa Maroko menantang para penjaja tuduhan ini termasuk Amnesty International dan konsorsium Cerita Terlarang, serta pendukung dan perantara mereka, untuk memberikan bukti nyata dan material untuk mendukung cerita mereka, mencatat bahwa “beberapa di kartel media ini  dan LSM tidak menanggung realitas Maroko yang berhasil, memperkuat dirinya dan mengkonsolidasikan kedaulatannya di semua tingkatan”.

Menteri mengatakan mereka “berpikir mereka bisa mengendalikannya.  Banyak yang membuat mereka cemas, ini tidak mungkin dan tidak akan pernah terjadi.  Komunitas nasional akan menghadapi, bersatu seperti biasa, serangan berbahaya ini, ”katanya.

Dengan segala hormat kepada pihak-pihak yang sama ini, lanjut menteri, Maroko telah berhasil memantapkan dirinya sebagai sekutu yang “dapat diandalkan” dengan para mitranya, berkat efektivitas yang diakui secara global dari layanan keamanannya, terutama dalam perang internasional melawan terorisme, yang  memungkinkan untuk menggagalkan plot yang dikobarkan melawan stabilitas nasional Kerajaan, dan untuk menggagalkan serangan teroris khususnya di Amerika Serikat, di beberapa negara Eropa, Asia dan Afrika.

 Menurut Bourita, waktu kampanye ini “tentu saja tidak sepele”, mengingat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Maroko “mencatat puncak permusuhan media di beberapa negara, menjelang perayaan Hari Tahta oleh orang-orang Maroko”.

“Tahun ini lagi tidak terkecuali.  Waktu yang sangat simbolis untuk Maroko dan Maroko ini selalu dipilih secara sadar oleh kalangan yang bermusuhan, yang dikenal oleh Kerajaan, yang berusaha untuk merusak citra Maroko dan lembaga-lembaganya, terkadang dengan menerbitkan buku atau artikel pamflet dan wawancara, terkadang melalui penyebaran informasi yang merusak.  laporan,” catatnya.

Bourita mencela "fokus tanpa henti" di Maroko pada khususnya;  sebuah "kekuatan pemogokan media yang dimobilisasi dalam jumlah besar", termasuk dalam pelayanan publik negara tertentu;  musim kampanye;  keinginan terselubung untuk mempengaruhi kepercayaan di negara Maroko, baik di dalam negeri maupun di luar negeri;  dan pilihan tanggal yang sangat simbolis untuk Maroko dan Maroko.

 “Apakah ini kampanye?  Ya !  Apakah itu fitnah?  Tentu !  Apakah itu diatur?  Tidak mungkin sebaliknya!  Oleh siapa ?  Waktu yang akan menjawabnya,” ujarnya.

 "Maroko akan melanjutkan perjalanannya, dengan tenang, kokoh, untuk mengkonsolidasikan pembangunan ekonominya, perkembangan sosialnya dan pengaruh regional dan internasionalnya", kata menteri tersebut, mencatat bahwa teman-teman "sejati" Maroko mendukungnya, karena itu adalah kepentingan mereka.  demikian juga.  Yang lain mengecewakan dan mereka sendiri akan kecewa.  Mereka meremehkan tekad Maroko yang tidak lagi seperti yang mereka kira.

Maroko saat ini adalah aktor regional yang "berpengaruh dan kunci", yang suaranya terdengar di lembaga-lembaga internasional dan kontinental utama seperti PBB dan AU, kata Bourita, seraya menambahkan bahwa Maroko saat ini adalah "penyedia perdamaian dan keamanan" di negaranya.  lingkungan regional dan “mitra keamanan yang dapat diandalkan” dengan beberapa negara dalam perang internasional melawan terorisme, yang telah membantu untuk menggagalkan serangan teroris, khususnya di Amerika Serikat, di beberapa negara Eropa, Asia dan Afrika.

"Siapa yang berkepentingan mengucilkan Maroko? Siapa yang berkepentingan mencegahnya memainkan peran konstruktif ini secara internasional? Bagi saya, ini adalah pertanyaan nyata yang harus diajukan," tegas menteri.

Bourita mengingatkan bahwa pada 19 Juli, Pemerintahan Biden melalui Departemen Luar Negeri menegaskan kembali bahwa di bawah kepemimpinan Yang Mulia Raja, Maroko dan Amerika Serikat memiliki hubungan yang kuat dan sudah terjalin lama dalam kerja sama kontraterorisme, menyambut baik bahwa kedua negara sedang bekerja.  bersama-sama untuk melindungi kedua negara, menambahkan bahwa Maroko adalah mitra yang dapat diandalkan, penyedia keamanan dan stabilitas di lingkungan regionalnya dan lingkaran kemitraannya.

Kerajaan adalah pemain terkemuka di Forum Kontraterorisme Global dan koalisi global melawan Daesh, kata menteri, menekankan bahwa Maroko “telah membantu menyelamatkan nyawa, menggagalkan rencana serangan dan membawa banyak teroris dan penjahat ke pengadilan”.

 "Dengan kepuasan atas tugas yang diselesaikan dan pengakuan dari teman dan mitra, oleh karena itu kami dapat dengan senang hati melakukannya tanpa pengakuan Amnesty International dan Forbidden Stories," katanya. (DANS)

Posting Komentar untuk "Dugaan Penyusupan Telepon: Setiap Orang atau Organisasi yang Menuduh Maroko Harus Membawa Bukti"