Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Penilaian STBM Awards, Bupati Barru Suardi Saleh Presentasekan Inovasi E-Pantau

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si bersama  Ketua TP.PKK drg. Hj. Hasnah Syam.MARS mengikuti  Penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) Award,   secara Virtual di Barru Smart Information Center ( Basic ) lantai II Kantor Bupati Barru,  Rabu (22/9/2021).

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si mengawali presentase Tim STBM Kab Barru mengatakan program ini menjadi hal yang sangat penting bagi Pemerintah dikarenakan seluruh poin poin yang ada dalam program STBM ini sangat memberikan keuntungan bagi masyarakat apalagi disaat pandemi Covid 19.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Barru akan terus mendukung serta mendorong program STBM ini, dan disosialisasikan kepada masyarakat secara terus menerus sehingga seluruh poin poin yang ada dapat menjadi kebiasaan serta pemahaman masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

"Di kabupaten Barru ini , kami akan terus berinovasi, dan memaksimalkan program program pada 5 pilar program STBM semoga penilaian yang di lakukan hari ini memberikan pengetahuan serta referensi terkait hal hal yang harus dilakukan secara maksimal apalagi sekarang dalam masa pandemi ini, tingkat kewaspadaan pada kesehatan harus di tingkatkan dan jangan lengah pada protokol kesehatan covid 19," kata Bupati Barru.

Sementara itu dalam mempresentasikan pelaksanaan penilaian, para penilai sangat antusias terhadap inovasi dari Puskesmas Palakka yaitu E-Pantau dimana seluruh aktifitas layanan, pendataan sanitasi Puskesmas akan dilakukan berbasis online  sehingga ketika warga sakit dan datang kepuskesmas maka akan langsung terpantau melalui E-pantau dimana diketahui apakah dia memiliki PDAM dan sanitasi serta riwayat penyakit yang pernah dialami.

E-pantau ini sudah sebagian besar digunakan pada puskesmas di Kab Barru, sudah melakukan pengaplikasian setiap puskesmas serta melakukan pelatihan pelatihan pada setiap Puskesmas. 

Tim penilai STBM award 2021 sangat mengapresiasi langkah langkah yang diambil oleh PemKab Barru dibawah Pimpinan Bupati Barru terkait penerapan pilar pilar STBM.

Sekretaris  Tim Penggerak PKK Barru, Emmy Eka Niswan, mengatakan Peningkatan STBM terutama mendukung dan  mendorong pemerintah termasuk 5 pilar tersebut yaitu turun langsung ke sekolah sekolah PAUD bersosialisasi tentang cuci tangan pake sabun pencegahan covid 19 upaya yang dilakukan. 

Disamping itu pemilihan sampah di masyarakat dan mampu membantu memilah sampah domestik maupun non domestik dimana sampah domestik dapat digunakan sebagai pupuk kompos alami serta non domestik.

"Kami juga mengajarkan kepada ibu ibu rumah tangga tentang  bagaimana mendaur ulang sampah sampah agar bisa bernilai dan menambah ekonomi keluarga," jelasnya. 

Sementara Ketua TP, PKK Hj.Hasnah Syam yang juga adalah Anggota Komisi IX DPRI dari gedung MPR/DPR.RI di Senayan menambahkan Tim Penggerak PKK akan  mendorong dalam mengubah prilaku masyarakat. Salah satu langkah terkait dengan STBM yaitu upaya yang dilakukan saat ini mengeluarkan surat edaran pada ASN  agar melakukan 4 pilar STBM lainnya agar menjadi contoh masyarakat serta adanya pembiayaaan dari Koperasi -Koperasi yang sudah ditentukan. 

Seperti diketahui, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan yang menekankan pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan.

Tujuan dari program STBM ini adalah mewujudkan perilaku masyarakat yang hygienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Adapun poin-poin dalam program STBM antara lain Sosialisasi untuk tidak BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, kelola air minum rumah tangga, kelola sampah rumah tangga dan olah limbah cair rumah tangga. 

Dalam zoom meeting ini turut hadir Kadis Kesehatan, Kadis Kominsta, Kepala Puskesmas serta pejabat teknis terkait. 

(Hms/syam)

Posting Komentar untuk "Penilaian STBM Awards, Bupati Barru Suardi Saleh Presentasekan Inovasi E-Pantau"