Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


Mau Ganti Foto KTP-el? Yuk Kunjungi Stand Dukcapil di Apkasi Otonomi Expo 2021

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dimana saja, kapan saja, untuk siapa saja, Dukcapil siap melayani masyarakat. Kali ini layanan administrasi kependudukan dari  Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri hadir di Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2021 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (20/10/2021). 

Pameran berlangsung selama 3 hari, mulai Rabu hari ini hingga Jumat (22/10/2021). Apkasi Expo yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Bogor dan bisa disaksikan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, berlangsung dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pengunjung diwajibkan melakukan swab antigen sebelum masuk ke arena pameran.

Yang hadir langsung dalam kesempatan ini, begitu melihat stand Ditjen Dukcapil menyempatkan diri mampir ke stand dan berkenan berfoto bersama hadirin.

Selain itu, Mendagri Tito mengapresiasi kehadiran stand Ditjen Dukcapil Kemendagri di APKASI Otonomi Expo 2021 yang menyediakan layanan ubah data KTP-el seperti mengganti foto wajah serta cetak dokumen kependudukan melalui Anjungan Dukcapil Mandiri. 

"Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) memang harus ada di mana-mana sampai ke tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Dukcapil harus selalu proaktif memaksimalkan pemberian pelayanan Adminduk kepada masyarakat tanpa ada diskriminasi," kata Tito.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh yang mengikuti arahan Mendagri, menyatakan bahwa semua penduduk harus terdata dalam database. Mulai dari anak baru lahir sudah diberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA). Setelah dewasa diberikan KTP-el, apabila menikah diberikan akta Perkawinan, dan seterusnya.

“Bila ada penduduk yang terkendala untuk mendapatkan dokumen kependudukannya, kita datangi penduduk melalui kegiatan jemput bola. Nah, layanan kali ini di arena Apkasi Otonomi Expo 2021 juga termasuk layanan jemput bola. Pelayanannya gratis,” tambah Dirjen Zudan. 

Sejumlah pengunjung yang ditemui mengaku senang dengan layanan ganti foto KTP-el di stand Dukcapil Kemendagri. "Sangat menyenangkan karena layanannya sangat cepat, terus KTP nya juga bisa langsung jadi dan kita boleh lihat hasil foto sebelum dicetak jadi KTP. Saya sangat puas bisa ganti KTP," kata Yenny, warga Jakarta. (*)

Posting Komentar untuk "Mau Ganti Foto KTP-el? Yuk Kunjungi Stand Dukcapil di Apkasi Otonomi Expo 2021"