Gubernur Sumsel Bersama Pj Bupati Muara Enim Hadiri Silarurahmi Akbar Desa Lebak Budi

MUARA ENIM (wartamerdeka.info) -Didampingi penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru beserta ketua PKK Provinsi Sumatera Selatan menghadiri  silaturahmi akbar dalam rangka sedekah  Empat Desa yang dipusatkan di Desa Lebak Budi Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim, Kamis (02/12/2021).

Ke empat desa tersebut, yaitu Desa Lebak Budi, Desa Lambur Kecamatan Panang Enim, Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul  dan Desa Dusun Dalam Kecamatan Belimbing.

Tokoh adat Desa Lebak Budi Saisnudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru beserta penjabat bupati Muara Enim H Nasrun Umar beserta rombongan yang sudah meluangkan waktu untuk hadir bersama masyarakat di 4 desa meliputi 3 kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim.

Dikatakannya bahwa sedekah desa ini merupakan wujud syukur  karena dijauhkan dari segala bala bencana dan memberikan tanah yang subur kepada masyarakat selanjutnya dalam sedekah ini  merupakan wujud silaturahmi sekaligus memperingati seluruh Zuriat amak cucung Rindu Sebayan Ati (Mijan Tunggal ) Desa Lebak Budi, Desa Lambur, Desa Keban Agung Desa Dusun Dalam yang mana asal-usulnya merupakan saudara dari para pendahulu yang ada di desa ini.

Saisnudin mengungkapkan bahwa sejak 2 tahun lalu Desa ini terbentuk Kecamatan yang baru yaitu Kecamatan Panang Enim. Dan sebagai pusat pelayanan Kecamatan masih banyak terdapat kendala diantaranya kurangnya penerangan buruknya,  akses jalan serta minimnya sinyal jaringan internet.

Dalam kesempatan ini pula dirinya meminta secara langsung kepada Gubernur Sumatera Selatan untuk mengusulkan pemasangan jaringan listrik melalui PLN, sehingga  optimalisasi layanan terhadap masyarakat bisa berjalan dengan baik.  

Sementara di bidang pendidikan  dirinya juga mengakui bahwa di kecamatan Panang Enim terdapat 3 Sekolah Menengah Pertama namun belum memiliki SMA atau SMK, untuk itu dirinya juga berharap kepada Gubernur untuk  memberikan sarana tersebut dengan catatan untuk lokasi  berupa tanah disediakan oleh masyarakat.

Penjabat Bupati Muara Enim H Nasrun Umar dalam kesempatan ini mengapresiasi masyarakat dalam menyambut kedatangan gubernur Sumatera Selatan beserta rombongan dalam rangkaian sedekah silaturahmi Akbar yang meliputi 4 desa tersebut.

Di hadapan gubernur Sumatera Selatan, Nasrul Umar menyatakan rasa salutnya karena  dalam Tiga bulan ini gubernur Sumatera Selatan sudah 5 kali berkunjung ke kabupaten Muara Enim ini merupakan suatu langkah yang sangat luar biasa karena diketahui bahwa  di tengah kesibukan beliau masih menyempatkan diri untuk hadir bersama masyarakat yang ada di Kabupaten Muara Enim, 

Dalam kesempatan ini pula penjabat Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur karena lelah memberikan bantuan berupa peningkatan sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Malang sebesar 25 miliar secara reguler bantuan ini juga telah kita realisasikan dalam berbagai bentuk dengan cara yang sangat efektif dan efisien selanjutnya pula dirinya berharap agar di tahun depan Bantuan Gubernur dapat ditingkatkan sehingga dari bantuan tersebut dapat memberikan bantuan peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia secara signifikan di Kabupaten Muara Enim. 

Ditegaskan Nasrun Umar pula bahwa sesuai dengan komitmen mendukung Sumsel Mandiri pangan yang merupakan langkah baru yang diusung oleh Gubernur dengan  cara merubah mindset masyarakat menjadi konsumtif menjadi produktif. Hal ini tentu jika dikaitkan dengan tingkat kemiskinan  yang ada di Kabupaten Muara Enim mencapai 12% langkah ini merupakan sangat tepat karena tanaman seperti bibit jagung kangkung serta bibit ikan merupakan jenis yang paling cocok dengan iklim yang ada di Kabupaten Muara Enim. 

Menjawab apa yang disampaikan oleh Tokoh masyarakat Saisnudin dan Pj Bupati Muara Enim, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru  menyampaikan permohonan maafnya karena terjadi jika tahun lalu Baru kali ini sempat hadir dan bersilaturahmi dengan masyarakat yang ada di Desa Lebak Budi.

Menyinggung apa yang disampaikan Tokoh masyarakat Saisnudin tadi bahwa sarana kantor camat Panang Enim yang belum ada listrik,  Gubernur langsung memerintahkan Bupati akan melayangkan surat secara resmi kepadanya dan akan segera memerintahkan PLN untuk memasang jaringan listrik di lokasi kantor kecamatan Panang Enim dan segera saya tunggu ucapnya.

Menyangkut sarana pendidikan berupa pembangunan SMK atau SMA Gubernur meminta kepada masyarakat melalui camat Kecamatan Palang ini untuk melakukan rembuk secara bersama-sama berkaitan dengan sarana sekolah apa yang dibutuhkan baik itu SMK atau SMA karena kita tidak bisa memberikan dua sekarang ini sekaligus apalagi dikaitkan dengan jumlah siswa yang akan belajar di sekolah tersebut Ini juga saya tunggu hasil rembuk tersebut. tegas Gubernur.

Selanjutnya Gubernur secara singkat menjelaskan masalah program Sumsel Mandiri pangan, disadari bahwa Sumatera Selatan yang merupakan wilayah terbesar di pulau Sumatera dengan letak geografis dari segi pertanian sangat mumpuni  bukanlah suatu hal yang mustahil jika kita harus  terus bergantung atau bersifat konsumtif pada pangan tersebut.

Dikatakannya pula bahwa tanaman seperti jagung, kangkung, cabai dan lain-lain termasuk pengembangan bibit ikan merupakan an-nur paya umum yang dilakukan oleh petani yang ada di Sumatera Selatan namun dalam kaitan menyongsong program Sumatera Selatan Mandiri pangan bentuk gerakan ini harus dilakukan oleh seluruh kabupaten kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan untuk melakukan gerakan ini dengan secara Swadaya melakukan penanaman sehingga mengurangi Ketergantungan dengan bahan-bahan tersebut atau bersifat konsumtif dengan melakukan penanaman sendiri. (Agus v).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama