Kembali, Prof Nelson Jadi Tim Penguji Ujian Tesis Mahasiswa Program S2

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo mejadi salah satu tim penguji ahli dalam Ujian Tesis Bagi Mahasiswa Program Magister (S2) Studi Kependudukan dan Lingkungan Hidup (KLH) Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Selasa, (25/01/22) di Ruang Kuliah (R.K) 2.1 Lt. 2 Pascasarjana UNG.

Usai kegiatan, Nelson mengatakan, tesis bagi teruji menarik dan lebih membanggakan lagi  mahasiswa tersebut merupakan salah satu aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Gorontalo. Sehingga hal ini sebagai bentuk wujud peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Gorontalo dari aspek birokrasi.

“Hal ini sangat membanggakan bagi saya, serta menjadikan kabupaten Gorontalo sebagai lokasi riset dengan  menggunakan data ilmiah,” ujar Nelson.

Adapun judul tesis yakni "Studi Kausalitas Kemampuan Fisikal Daerah, Persepsi dan Komitmen Pelanggaran Aksi Perubahan Iklim di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo" oleh Goldfred Alex Kojongkam.

Kabupaten Gorontalo adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kerentanan yang tinggi terhadapbencana akibat dampak perubahan iklim, Kejadian bencana 10 tahun terakhir (2010-2019) di Kabupaten Gorontalo didominasi oleh banjir dan puting beliung serta kekeringan, Bencana banjir terjadi setiap tahunnya dan membutuhkanpenangananyang komprehensif.

Oleh karena itu, diperlukan peningkatan sinergi antar pemangku kepentingandalam perumusan kebijakan dan program pembangunan daerahterkait pengendalian perubahan iklim, antara lain dengan mendorong  instrumen pembiayaan untuk konservasi dan pelestarian alam, sebagai upaya mengatasirisiko perubahan iklim. 

Lewat instrumen ini, pemerintah daerah diharuskan memiliki kapasitas fiska untuk aksi perubahan iklim,selain itu persepsi pemerintah terhadap aksi perubahan Iklim harus memadai, agar bisa mempengaruhi komitmen penganggaran aksi adaptasi yang akan di ambil oleh para pemangku di tingkat pemerintah daerah. (Irf) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama