Terima Kunjungan Tamu Dari Papua Barat, Bupati Suardi Saleh Paparkan Keunggulan Barru

BARRU (wartamerdeka.info) -  Sebanyak 40 orang  Pejabat Administrator dari Provinsi Papua Barat diterima Bupati Barru H.  Suardi Saleh di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (23/3/2022).

Mengawali sambutannya,  Bupati Suardi Saleh mengucapkan selamat datang kepada tamunya dari  Provinsi Papua Barat yang dipimpin Kepala Dinas Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia(BKPSDM) Provinsi Papua Barat Edward Lunarki. 

"Selamat datang di Kabupaten Barru dan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Barru menjadi tujuan Study Kepemimpinan Administrator ini.", sebut Suardi Saleh yang sebelumnya juga menerima kunjungan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana. 

Bupati Barru dalam kesempatan itu memaparkan, gambaran selayang pandang tentang Daerah yang terdiri dari 7 Kecamatan, 40 Desa serta 15 kelurahan, dengan bentang pesisir pantai barat dengan panjang 78,8 Km.

"Di Kabupaten Barru terdapat pelabuhan Garongkong yang menjadi pusat transportasi menghubungkan Barru dengan Daerah di Indonesia," sebut Bupati Suardi Saleh yang menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menunjuk Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru untuk menjadi harapan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) penyangga ibu kota baru yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN), nantinya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barru mencatatkan angka yang baik, dimana sebelum Covid 19 hanya 6,49% sedangkan justru adanya Covid naik 74,1 %.

"Di awal memimpin Kabupaten Barru yang dibenahi dulu adalah rumah sakit, ya memang yang namanya antri itu menunggu tetapi Alhamdulillah, setelah dibenahi secara bertahap dan saat ini ruangan VIP di sana itu sudah 5 buah dan ternyata VIP ini menjadi kebutuhan masyarakat," sebut Suardi Saleh.

Kepala Daerah ini kemudian mengungkapkan sisi keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang banyak memberi manfaat besar untuk masyarakat.

"Saat ini, di MPP terdapat 24 instansi yang melayani kebutuhan administrasi masyarakat, pada prinsipnya, selain pelayanan aman, nyaman dan masyarakat bahagia," jelasnya.

Disampaikan pula, bahwa pelayanan administrasi Dinas Kependudukan Catatan Siplil sudah bisa  melalui petugas  Desa, dimana semua dokumen kependudukan sudah bisa jadi di akses di Desa kecuali perekaman, sama halnya program Pemerintah yang namanya OSS, dimana setiap Desa ada juga petugasnya.

"Salah satu keberhasilan dalam pelayanan adalah kurangnya  keluhan, terkadang keluhan disampaikan dimedsos dengan bermacam-macam bahkan menerima pesan pribadi, namun seiring peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan, Alhamdulillah, secara pelan-pelan hilang sendiri,"ungkap Bupati Barru yang disambut dengan apresiasi dari hadirin.

Kepala Dinas BPSDM Provinsi Barat, Edwar Lunarki menyampaikan maksud dan tujuannya, yang dibawa ini adalah peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) berjumlah 40 orang.

"Peserta yang datang ini, utusan dari Pejabat administrator yang ada di Lingkup Pemerintah Provinsi dan juga ada pesertanya dari salah satu Kabupaten di Papua Barat," sebut Edwar Lunarki.

Peserta PKA ini didampingi Lembaga Adiministrasi Negara (LAN) Makassar.

"Saya atas nama BKPSDM Provinsi Papua Barat menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Barru dan terkhusus Bupati Barru yang telah banyak memaparkan dan menjelaskan tentang Barru, tentunya juga hasil Study dari Barru,  Papua Barat banyak belajar dan semoga bisa diaplikasikan di Daerah kami,"pungkas Edward.

Turut hadir Pejabat LAN Makassar Wahyuni Fajaruddin, Widyaswara Zulkhaedir, Kepala BKPSDM H. Ir. Nasruddin Yake, M.AP, Kepala DPMPTSP Syamsir, S.IP, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Amis Rivai, bersama beberapa stakeholder dan peserta PKA dari Papua Barat.

(humas/syam)

Posting Komentar untuk "Terima Kunjungan Tamu Dari Papua Barat, Bupati Suardi Saleh Paparkan Keunggulan Barru"