Bupati Barru Shalat Ied Di Doi Doi, Gema Takbir Menggema Di Lembah Bukit

BARRU (wartamerdeka.info) - Lantunan takbir, tahlil, dan tahmid saling bersahutan dari Lapangan Doi-Doi  Kelurahan Mattapawalie, Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, pagi tadi. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, beserta keluarga hadir dan berbaur dengan masyarakat Doi-Doi Kec. Pujananting melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H, Senin (2/5/2022).

Perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Akibat Pandemi Covid-19, Shalat Idul Fitri dilaksanakan secara terbatas dan dilaksanakan di rumah masing-masing.  Tahun ini sudah diperbolehkan melaksanakan di masjid-masjid dan lapangan meskipun masih tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dan yang lebih terasa lagi suasana kekeluargaan ditengah kerinduan dengan hadirnya orang nomor satu di Barru, H. Suardi Saleh hadir bersama keluarga menunaikan shalat idul fitri bersama masyarakat. Gema Takbir pun menggema lembah bukit dan indahnya panorama alam. 

"Dengan berpuasa kita dilatih untuk kesabaran, ketabahan, dan pengendalian diri, di hari suci ini, kita kembali ke kesucian, suci diri, suci jiwa, dan suci harta," sebut Bupati Barru yang hampir setiap malam sepanjang Ramadhan tahun ini menyambangi beberapa masjid di daerah  untuk mengeratkan tali dilaturahmi  dalam bingkai Safari Ramadhan.

Esensi Idul Fitri yang harus dijadikan momentum keimanan, dan momentum untuk merevitalisasi kehidupan yang semakin ramah, lembut, damai, dan semakin memuliakan serta akan menambah semangat untuk kualitas diri dan kebersamaan untuk bersama ke kehidupan yang lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera.

"Saya, atas nama pribadi, maupun selaku Kepala Daerah, bersama keluarga, menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin, mari kita jadikan kesempatan ini sebagai momentum berbagi dengan tetangga terdekat, berbagi semangat melewati Pandemi, dan berbagi kesabaran, Insya Allah," ungkap Bupati Barru menyampaikan ucapan hari rayanya, kepada jamaah dan masyarakat Kab. Barru.

Diakhir sambutannya, dirinya mengajak kepada seluruh jamaah Ied, untuk melaksanakan tugas kekhalifahan sebagai pribadi, keluarga dan seluruh masyarakat untuk memajukan Kabupaten Barru yang kita sama-sama cintai.

"Dan marilah kita membaca takbir, tahlil, dan tahmid saat-saat yang penuh kesucian ini, bagi kita sebagai hamba Allah yang beriman kini telah selesai menunaikan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, Alhamdulillah sekarang tiba waktunya kita merayakan kemenangan itu," pungkasnya sembari mengukuhkan agar semangat Ramadhan menjadi spirit pengabdian kepada Sang Khalik sekaligus berbagi rasa kemanusiaan.

Bertindak selaku Imam Shalat Ied Ustas Muhammad Ilham dan pembaca khutbah adalah Kepala KUA Tanete Riaja, Syamsurya Syafiin, S.THi.

"Alhamdulillah, Bapak Bupati bersama Pejabat di Kabupaten Barru hadir bersama kita, semoga dengan ini, Pujananting yang indah ini mendapat berkah menjadi negeri yang Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Gaffur," sebut Khatib Syamsurya mengawali khutbah yang penuh makna dan narasi hikmah dengan pengantar sastra Bugis.

Dirinya menyebut Hari ini, adalah hari kita saling merindukan.

DikatakaHakekat puasa Ramadhan sesungguhnya membentuk kita taat dan membantu sesama, penting keshalehan pribadi namun perlu disempurnakan dengan keshalehan sosial. 

"Sepantasnya pada hari ini, kita mengingat fakir miskin, sebagaimana surah Al Maun, yang memiliki intisari bahwa yang mendustakan agama adalah yang menghardik anak yatim dan tidak menyantuni fakir miskin," pungkas Alumni DDI Mangkoso yang pernah mengecap pendidikan beberapa tahun di Kampus Al Azhar Mesir.

Dalam pelaksanaan sholat Ied ini, dihadiri oleh Anggota DPR RI yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS, Ketua DPRD Barru Lukman T, Sekda Barru DR. Abustan, Kapolres Barru AKBP,  Yudha Wiwajati,  S. IK. MH, para Asisten, para Staf Ahli, Pimpinan OPD. Camat, Lurah/Desa se-kecamatan Pujananting.

(Humas/Syam)

Posting Komentar untuk "Bupati Barru Shalat Ied Di Doi Doi, Gema Takbir Menggema Di Lembah Bukit"