Isu Reshuffle Kabibet Menguat, Pengamat Kebijakan Publik Dr H Achmad Yahya Dukung Moeldoko Jadi Menteri Pertanian

Pengamat Kebijakan Publik Dr H Achmad Yahya

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Isu reshuffle atau perombakan kabinet makin kencang berhembus. Kabarnya Presiden Jokowi akan mengumumkan  perombakan kabinetnya pada 15 Juni 2022 

Pengamat Kebijakan Publik Dr H Achmad Yahya yang juga dikenal cukup dekat sejumlah pejabat di lingkungan istana membenarkan adanya isu reshuffle tersebut.

Terkait hal itu, Dr H Achmad Yahya yang juga mantan Wakil Gubernur Sulteng mengimbau semua pihak untuk menghormati keputusan Presiden Joko Widodo menyangkut isu reshuffle atau perombakan kabinet, karena hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Presiden Jokowi lebih tahu tentang kinerja para anggota kabinetnya. Beliau juga lebih paham kapan harus memutuskan untuk mengganti atau merombak anggota kabinetnya," ujar Achmad Yahya, yang juga Ketua Umum Lembaga Kajian Kebijakan Publik Indonesia kepada wartamerdeka, Selasa (14/6/2022).

Dikabarkan, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang akan digantikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Sedangkan posisi Erick Thohir nantinya akan digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Kursi kosong di Menteri Kesehatan nantinya akan diisi oleh Dante Saksono Harbuwono yang saat ini merupakan Tim Dokter Kepresidenan Republik Indonesia.

Selain itu dari 5 kementerian diisukan terkena reshuffle ada Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil yang akan digantikan oleh Keta Umum PAN Zulkifli Hasan.

Sedangkan posisi terakhir adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang nantinya akan digantikan oleh Moeldoko yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

Achmd Yahya, Ketua Umum Lembaga 4Pilar Kebangsaan ini, mengungkapan, dirinya juga telah mendengar  nama-nama  yang telah beredar terkait dengan isu perombakan kabnjet tersebut.

Salah satunya yang menarik perhatiannya adalah  kemungkinan Moeldoko yabg akan menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian.

"Saya berharap isu tersebut benar.  Moeldoko adalah sosok yang tepat untuk menjadi Menteri Pertanian. Apalagi beliau saat ini juga merupakan Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)," tambah Achmad Yahya.

Menurut Achmad Yahya, kepedulian Moeldoko untuk meningkatkan ketrampilan dan kesejahteraan para petani, selama menjadi Ketua Umum HKTI mejadi modal penting baginya dalam upaya meningkatkan pembangunan sektor pertanian.

"Saya percaya Pak Moeldoko mampu membangun sektor pertanian menjadi lebih maju sehingga Indonesia bisa melakukan swasembada berbagai komoditas pangan," tutupnya.  (Aris)

Posting Komentar untuk "Isu Reshuffle Kabibet Menguat, Pengamat Kebijakan Publik Dr H Achmad Yahya Dukung Moeldoko Jadi Menteri Pertanian"