Polres Jepara Tingkatkan Imun Untuk Hewan Ternak dari Penyakit PMK

JEPARA (wartamerdeka.info) - Polres Jepara Tingkatkan imun pada hewan ternak, Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH, hadiri launching Vaksinasi PMK (penyakit mulut dan kuku) berlangsung di Dkh. Nglencer Desa Bucu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara, Senin (27/06/2022).

Berlangsungnya launching vaksinasi PMK ini dihadiri langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH, bersama dengan PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta, ATD, S.H., M.M., Dandim 0719/Jepara diwakili oleh Plt Pasiter Kapten Inf Ngadino, Kadisparbud Jepara Zamroni Lestiaza AP.M,Si, Kadiskominfo Jepara Arif Darmawan S.Sos,  Plt Kadis DKPP Jepara Ratip,Unsur Forkopincam Kembang, Kelompok Ternak Tani Makmur 2 Desa Bucu.

Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH,menyampaikan bahwa vaksinasi PMK ini betul – betul bisa memberikan kepada peternak.

“Peternak agar tidak panik, sehingga mampu meningkatkan imun hewan ternak,” kata Kapolres.

Ia menambahkan bahwa vaksinasi PMK tersebut memang prinsipnya hanya efektif untuk hewan yang ternak yang sehat yang diharapkan dalam waktu 4-5 hari sudah mulai ada antibodi yang diproduksi oleh tubuh hewan tersebut. Sedangkan kalau pada ternak yang sakit tentu tidak perlu vaksinasi dan hanya penanganan.

Ia menjelaskan bahwa dalam hal pemberian vaksinasi PMK, data dan keterlibatan semua pihak sangat penting. Untuk data penerima vaksin PMK dibantu oleh Satgas PMK, Pemerintah Daerah, Bhabinkamtibmas dan lainnya.

Vaksinasi PMK agak mirip dengan vaksinasi Covid-19. Penanganan secara kolaborasi dengan para pihak.

“Semoga dengan vaksinasi PMK ini penularan bisa ditekan. Penanganan hewan ternak yang kena PMK saat ini juga menjadi perhatian karena penyakit ini mudah sembuh. Kemudian tingkat kematian kecil. Namun, penularannya sangat tinggi. Untuk itu harus menjadi perhatian bersama dalam penanganannya,” ucapnya.

(Hani)

Posting Komentar untuk "Polres Jepara Tingkatkan Imun Untuk Hewan Ternak dari Penyakit PMK"