Peringati HMPI, Bupati Barru Lakukan Aksi Penanaman Pohon Mangrove

BARRU (wartamerdeka.info) -Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN), Pusat Pengendalian Pembangunan Ekonomi Sulawesi Maluku (P3E) SUMA, Universitas Hasanuddin (Unhas) Ika Unhas dan Pemda Barru kolaborasi penanaman Pohon Manrove.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di area Tambak Pendidikan Unhas Desa Bojo,Kecamatan Mallusetasi,Kabupaten Barru, Selasa (21/12/2022).

Diawali penanaman pohon manrove oleh Bupati Barru H. Suardi Saleh didampingi Ketua TP. PKK dgr.Hj. Hasnah Syam MARS sekaligus Anggota Komisi IX  DPR. RI. ,Kepala P3L KLH Sulawesi Maluku, Rektor Unhas dan IKA Unhas. 

Dalam arahannya Bupati Barru menyampaikan terima kasih  kepada atas penunjukan  Kabupaten Barru menjadi  pusat penanaman pohon mangrove.

Menurut Suardi Saleh , penanaman mangrove sangat penting untuk menjaga   sarana ekosistem bagi biota laut seperti udang dan kepiting dan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

Ia berharap penanaman mangrove ini terus dijaga dan diperhatikan. Karena adanya tanaman mangrove yang lebat dan rapat dapat menjadi tempat berlindung ikan, udang, dan hewan kecil lainnya. Akar mangrove tersebut juga katanya  berperan dalam menyediakan makanan untuk hewan laut dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

Dia menambahkan, tanaman mangrove juga bisa dijadikan tempat  bagi adik mahasiswa untuk kegiatan penelitian.

"Alhamdulillah dua jurusan di Unhas yang ada di Barru sudah memiliki kampus terletak di eks Kantor Bupati. Tujuannya selain karena kebanggaan kami memiliki potensi perikanan juga mendorong peningkatan SDM di Barru,"kata Bupati Barru yang menutup sambutan dengan pantunnya.

Kepala KP3L Sulawesi Maluku, Taufan Nuri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Barru.dan Unhas serta IKA atas kegiatan ini.

Ia memuji semua pihak dalam kegiatan ini. Memang katanya,  kehadiran masyarakat untuk menjaga ekosistem laut sangat dibutuhkan.

Momentum penting dengan melakukan penanaman pohon pada intinya adalah melaksanakan keputusan Presiden.

Ketua PSL Unhas Anwar Daud menjelaskan tanaman mangrove memiliki manfaat di bidang kesehatan di mana sebagian besar bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan alami, selain itu beberapa spesies tanaman mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan insektisida dan pestisida alam.

Acara ini turut dihadiri Unsur Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Anggota Komisi IX, Forkopimda, Sekda Barru, Ketua IKA Unhas diwakili ketua Bidang Ekonomi Suharman. KPH Ajattapareng Armawati Alwi, SP. Para pejabat lingkup Pemda Barru.

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama