Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Lamongan Jadi Tujuan Studi Inovasi Mahasiswa Keperawatan Australia

Jumat, Januari 20, 2023, Januari 20, 2023 WIB Last Updated 2023-01-19T22:33:29Z

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menerima kunjungan kolaborasi Unair (Universitas Airlangga) dengan Federation University Australia dalam program New Colombo Plan, di Ruang Command Center Setda Kabupaten Lamongan, Kamis (19/1). 

Kunjungan studi inovasi mahasiswa Australia ini, terkait best practice promosi kesehatan yang dilakukan di wilayah lain di luar Australia.

Kabupaten Lamongan dipilih menjadi salah satu tujuan studi karena memiliki salah satu program unik dalam bidang kesehatan, yakni posyandu jiwa. Dianggap unik karena pada umumnya penanganan pasien dengan gangguan mental ini berada di bawah naungan rumah sakit, namun di Kabupaten Lamongan penanganan ini bahkan dilakukan dalam unit kesehatan kecil seperti posyandu.

"Jumlah penderita gangguan jiwa di Kabupaten Lamongan 3.389 orang. Pasien gangguan jiwa yang dipasung sebanyak 191 orang, dan alhamdulilah berkat kolaborasi tahun 2017 Lamongan berstatus bebas pasung. Pada tahun yang sama, Lamongan memperoleh penghargaan atas inovasi Lesung Si Panji (Lenyapkan Pasung Memanusiakan Pasien Jiwa) yang dilengkapi dengan Posyandu Jiwa. Dampaknya sangat dirasakan masyarakat, menyembuhkan pasien gangguan jiwa sehingga bisa beraktifitas normal dan kembali produktif," jelas Pak Yes kepada para mahasiswa Australia.

Diungkapkan Wakil Dekan II Unair Atoillah Isfandiaris, terdapat 20 mahasiswa dari Federation University Australia yang hari ini berkunjung ke Lamongan. Hal tersebut dalam rangka studi lintas budaya. 

"Nanti kami akan ke Desa Bulutigo Lamongan untuk melihat posyandu jiwa. Karena ini unik, tidak semua posyandu melakukan ini, pelayanan terhadap ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa). Pelayanan ODGJ berbasis posyandu bukan rumah sakit, posyandu berbasis komunitas. Oleh-oleh untuk mahasiswa Australia kembali ke negaranya masing-masing," kata Atoillah.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait usaha promotif-preventif penanganan penyakit yang dilakukan di Indonesia, interaksi dengan masyarakat, dan belajar mengenai budaya Indonesia. Pada kesempatan tersebut juga Dosen Australia Muhammad Aziz Rahman menyampaikan terima kasih atas sambutan Kabupaten Lamongan dalam menerima kunjungan mereka. (Mas)

Iklan4

 


 


 


 


 


 


 



 


 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...