Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Hilman Hadi Resmikan Lapangan Tembak Yonif 141/AYJP

MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi meresmikan Renovasi Lapangan Tembak Kopda Suheri Batalyon Infanteri (Yonif) 141/AYJP, di Mako Yonif 141/AYJP, Desa Karang Raja, Kec. Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Minggu (15/01/2023).

Peresmian Renovasi Lapangan Tembak Kopda Suheri tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pangdam II/Sriwijaya.

Dalam laporannya, Komandan Yonif 141/AYJP Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto memaparkan bahwa, medan lapangan yang sebelumnya sering becek karena hujan, kini telah direnovasi dengan dicor menggunakan limbah sisa pembakaran batubara yaitu FABA (Fly Ash dan Bottom Ash) yang dicampur semen.

"Jadi kami perbaiki bersama-sama dengan prajurit di sini, saya ajak memanfaatkan hasil FABA untuk pengecoran jalan ini. Sehingga tanpa harus mengecor dengan budget yang besar, kami cukup dengan FABA dan semen bisa memperkeras (jalan) dengan kekuatan 5 ton, mobil-mobil bisa dilewati kami uji coba," papar Arie.

Lebih lanjut, Arie menjelaskan bahwa, Yonif 141/AYJP bekerja sama dengan PTBA membuat konblok dari bahan FABA.

"Kami belajar sama PTBA, anggota kami titipkan selama 2 bulan untuk belajar membuat konblok dari FABA itu juga, yang bisa nanti dimanfaatkan untuk di satuan-satuan," jelasnya.

Arie menambahkan, Yonif 141/AYJP juga sudah membeli mesin cetak konblok, sehingga nanti bisa membuat sendiri untuk pemanfaatannya bisa ditaruh di masing-masing kompi.

"Besar harapan kami di Batalyon ini bisa berkembang dengan adanya teknologi yang dimiliki oleh PTBA," imbuhnya.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam renovasi lapangan tembak ini.

"Inisiatif mungkin dari Komandan Batalyon, kemudian bisa berkoordinasi dengan pemerintah daerah, forkopimda, SDA yang ada di sini, rekan-rekan dari PTBA, dan ini semua tidak bisa terwujud kalau tidak ada kerja sama," ujar Pangdam.

Pangdam mengatakan, renovasi lapangan tembak ini sangat berdampak kalau melihat dari 2 fungsi utama TNI AD, yaitu fungsi tempur dan fungsi pembinaan teritorial.

"Kalau fungsi tempur jelas, lapangan tembak ini nanti berfungsi meningkatkan profesionalisme prajurit. Sementara untuk pembinaan teritorial, tentunya mengajak seluruh masyarakat di sini, termasuk komunitas apapun bisa menggunakan lapangan tembak ini bersama-sama, 2 fungsi ini menyentuh dengan keberadaan lapangan tembak ini," kata jenderal bintang dua itu.

Usai meresmikan Renovasi Lapangan Tembak Kopda Suheri. Pangdam II/Sriwijaya mencoba olahraga panahan, lempar pisau dan lempar kapak. 

Turut hadir mendampingi Pangdam II/Swj dalam kegiatan tersebut, antara lain Irdam II/Swj Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Azhar Mulyadi, Kapendam II/Swj Kolonel Kav Rohyat Happy Ariyanto, Danrindam II/Swj Kolonel Inf Nugroho Imam Santoso, dan Dandim 0404/Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar.

Selain itu, hadir juga dalam kesempatan itu GM UPTE PTBA Venpri Sagara, Kadispora Muara Enim Syarifuddin dan Wakapolres Muara Enim Kompol Christopher Salohot Panjaitan. (Agus v) .

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama