Delapan Sekolah Depok Dapat Hibah Buku "Wartawan Bersuara Merdeka"

Acara Hibah kepada 8 perpustakaan sekolah  dan diskusi buku"Wartawan Bersuara Merdeka",bersama mantan wartawan "Merdeka" Syahril Anwar dan Usman Gumanti, di Balaikota Depok.


DEPOK (wartamerdeka.info) - Delapan perpustakaan sekolah di Kota Depok,Jawa Barat, akan menerima sumbangan buku dari Masyarakat Pencinta dan Penggemar Buku (MAPPABU) Kota Depok.Perpustakaan Umum Kota Depok dan Koran Radar Depok juga menerima sumbangan buku yang sama.


Buku berjudul “Wartawan Bersuara Merdeka” setebal 452 halaman ,ditulisoleh para mantan wartawan Harian Umum “Merdeka” Jakarta berisi tentang pengalaman di lapangan dalam berbagai peliputan di instansi pemerintah dan masyarakat di pelbagai pelosok negeri ini.


Buku yang terdaftar di ISBN 978-623-5747-01-9 ,cetakan pertama Desember 2021 memuat tulisan antara lain pengalaman empiris karikaturis Harmoko yang kemudian menjadi  Menteri Penerangan era Presiden RI ke-2,Soeharto, dan Bambang Kesowo, pernah menjadi Menteri Sekretaris Negara, era Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri (2001-2004).


Menurut salah seorang penulis Syahril Anwar Sikoembang,yang juga menjadi moderator acara sesi diskusi,  buku tersebut diberikan kepada delapan perpustakaan sekolah baik negeri maupun swasta di Ruang Teater Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Selasa (21 Maret 2023).


Pada kesempatan itu digelar diskusi tentang pentingnya mengakrabi buku.Narasumbernya adalah Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah,Pemimpin Redaksi Radar Depok,M.Iqbal dan Editor buku Usman Gumanti.


"Insya Allah acara akan menarik,selain memancing pihak-pihak lain utuk membudayakan  kebiasaan menyumbangkan buku-buku karyanya,juga cinta membaca dan menulis,'ujar Syahril Anwar yang Ketua MAPPABU Kota Depok.


Sementara menurut Kepala SMA Negeri 6 Cinere Kota Depok,Siti Faizah,MPd penghibaan buku ini akan menjadi cakrawala jendela ilmu terutama bagi  peserta didik di sekolah dalam mengantarkan siswa menjadi  generasi yang mampu bersaing di pelbagai ilmu pengetahuan.


”Bagi mereka yang berminat menjadi jurnalis,setidaknya buku ini merupakan salah satu referensi kelak," tutur Siti Faizah.


Selain itu Pemimpin Redaksi Radar Depok, Muhammad Iqbal mengatakan buku ini di dunia jurnalistik diharapkan memberikan wawasan lebih bagi cru Redaksi Radar Depok dan semakin termotivasi untuk membuat karya tulis yang bermanfaat bagi masyarakat Depok khususnya.


Membudayakan minat baca di kalangan anak muda tak semudah membalikkan tapak tangan memang. Namun ikhtiar berbagai pihak berupaya sekuat tenaga dan pikiran berbuat sesuatu yang menarik anak-muda dan remaja termasuk siswa mengandrungi ruang-ruang perpustakaan boleh dikata membuahkan hasil.


"Misalnya secara pelan-pelan mengubah pemberian hadiah ulang tahun dengan memberikan buku bacaan ilmiah atau novel,” ujar Usman Gumanti yang telah menulis beberapa buku itu.


Pengurus Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Depok,Budiyanto menyambut baik penghibahan buku tersebut ke sekolah negeri dan swasta.


Hal ini akan bermanfaat bagi siswa sehingga menjadi wahana ilmu dalam memperoleh kekayaan pengetahuan untuk menyongsong masa depan  gemilang siswa.


”Saya mengapresiasi hibah-hibah buku semacam ini,” ujar pimpinan Sekolah Perintis Depok ini.


Secara terpisah ,Suwanto manajemen Sekolah Harapan Bangsa memberikan dukungan terhadap upaya kalangan masyarakat memperkaya inventarisasi perpustakaan sekolah seperti ini. 


”Mudah-mudahan hal ini ditiru lembaga-lembaga atau perseorangan senang berbagi demi kemajuan anak bangsa.”Pengetahuan itu adalah kekuatan bangsa,"tutur penerima reward pendidikan itu. (

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama