Bupati Lamongan Launching LGC Reborn



Lamongan(wartamerdeka.info) - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, melaun-ching LGC (Lamongan Green and Clean) Reborn di GOR Lamongan, Senin (5/6). 

Kata reborn (lahir) yang dimaksud ada-lah lahirnya kembali spirit masyarakat Lamongan untuk lebih meningkatkan program LGC, agar dapat menjadi lebih ’Megilan’ (luar biasa).

“Lamongan green yang hijau, clean yang bersih, dan reborn lahir kembali. Jadi lahir kembali ini bukan lahir sebagai bayi (dari awal), karena kita pernah mempunyai lingkungan hidup yang bersih dan segar, yang bersih dan hijau, dengan demikian yang lahir kembali ini adalah spirit kita semua untuk menjadikan LGC ini lebih megi-lan lagi. Dulu LGC kita program sebaik mungkin di desa hingga gang-gang, sekarang di tengah perubahan iklim kita akan terus upgrade LGC ini agar lebih dari sebelumnya,” terang Bupati.



Dalam kesempatan itu, dibagikan pula tanaman produktif (jambu, mangga, bambu) dan tanaman hias, juga sarana prasarana bank sampah kepada lurah juga kepala desa se-Kabupaten Lamo-ngan yang turut hadir. Pak Yes mengin-struksikan agar sepulang dari GOR Lamongan, lurah maupun kades segera menanam, merawat dengan baik, serta bertanggungjawab agar pohon/tana-man yang diberikan dapat hidup dan tumbuh. Sehingga menjadi role model untuk dapat ditiru oleh masyarakat.

“Dalam LGC ini kita memiliki tanggung jawab selain merawat lingkungan yang bersih, indah, juga menumbuhkan kembali keceriaan, dimana dulu hingga di setiap RT ada yel-yel yang menggam-barkan kekompakan untuk merawat lingkungan. Mari kita samakan kemba-li, agar LGC sesuai tujuan kita mempu-nyai lingkungan yang indah, bersih, segar, sehat, yang ini semua nanti akan kita hidupkan di seluruh Lamongan,” ungkap Bupati Yuhronur.

Tidak hanya mengajak untuk kembali menghijaukan lingkungan, Bupati juga mengajak untuk bersama menyadar-kan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dengan menghidupkan bank sampah. Selain itu, terus mensosialisasikan terkait sampah plastik yang tidak dapat terurai dan merusak lingkungan, sehingga perlu untuk dikelola dengan sebaik-baiknya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamongan Andhy Kurniawan, sebut kegiatan ini masih merupakan rang-kaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup (5 Juni) dan Hari Jadi Lamongan Ke-454 Tahun. Bertemakan Kolaborasi Mewujudkan Lamongan Green, Clean dan Berketahanan Iklim, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kem-bali semangat LGC pada masyarakat melalui upaya pengembangan lingku-ngan hidup dan pemukiman, mengge-lorakan kembali semangat pengelolaan sampah, juga aksi nyata kolaborasi mewujudkan Lamongan Green and Clean.

“LGC Reborn juga mendukung percepa-tan penanganan banjir dan perubahan iklim, berkontribusi nyata dalam pencegahan stunting di Lamongan, utamanya dalam mendobrak penana-man tanaman produktif di sekitar desa dan kelurahan,” lapor Andhy Kurnia-wan. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama