SMKN 1 Tapalang Barat SUKSES Fasilitasi 6 orang ATS Kembali Bersekolah


MAMUJU (wartamerdeka.info) - SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat berhasil memfasilitasi 6 orang Anak Putus Sekolah (ATS) unuk kembali mengenyam pendidikan.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 Tanggal 17 Agustus 2023 merupakan momentum bankitnya Anak Putus Sekolah (ATS) untuk mengenyam pendidikan yang layak dalam bingkai Negara Ketatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagaimana amanat pada Pasal 31 Ayat 1 UUD 1945 juga menjelaskan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”.

Berita sebelumnya tentang Klarifikasi Kades dan Kadus perihal Data ATS yang tayang beberapa hari lalu, Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. melaju kencang dan mencengangkan dengan bergerak lebih cepat, dan tepat untuk segera melaporkan klarifikasi Data ATS yang akurat dan dipastikan Tuntas sebelum 17 Agustus 2023 ini.

Dikatakannya, bahwa penanganan ATS solusinya sangat mudah dan sederhana. Caranya, Kepala Sekolah menggandeng Wakasek 3 Bidang Humas proaktif menemui langsung Camat Tapalang Barat di Kantornya, Kamis (28/7/2023), dalam rangka membangun komunikasi yang menyejukkan dengan pendekatan kolaboratif untuk meminta fasilitas Camat agar berkenan mengundang Kepala Desa bersama Kepala Dusunnya untuk hadir duduk bersama dalam pertemuan yang digelar pada Selasa pagi, 1 Agustus 2023 di SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju. Moderator pertemuan adalah Wakasek 3 HUMAS dan Sarpras Sekolah, Sarifuddin, S.Pd.I.


Ada tiga Kepala Desa yang diundang bersama Kepala Dusunnya, Kades dan Kadus dimaksud yang diundang yaitu Kepala Desa Pasa'bu yang juga adalah Ketua Komite SMKN 1 Tapalang Barat, Jalaluddin Jadil, S.Ag., Kepala Desa Ahu, Jasmin. Kepala Desa Dungkait diwakili Sekretaris Desa, Mariono, S.Pd.

Pertemuan itu membahas perihal Rekonfirmasi Data ATS yang ada di Desa Pasa'bu, Desa Ahu dan Desa Dungkait menjadi wilayah sasaran Rekonfimasi Data ATS SMKN 1 Tapalang Barat.

Perlu diketahui bahwa sesungguhnya ATS adalah warga Desa atau warga Dusun setempat. Kepala Desa atau Kepala Dusunlah yang sejatinya mengklarifikasi langsung setiap Data ATS sebagai warganya.

Adapun Klarifikasi ATS sebanyak 215 orang dengan rincian sebagai berikut :
Anak Tidak Sekolah (ATS) 49 orang yaitu : Tidak/Belum Pernah Sekolah, (T/BPS) : 0
Lulus Tidak Lanjut, (LTL) : 28 orang, rinciannya :
Putus Sekolah, (PTS) yaitu : Menikah: 15 orang; Kerja 2 orang; Gila 1 orang; Meninggal 3 orang;
Aktif Sekolah : 111 orang; terinci sebagai berikut :
TK-SD-SLB : 47 orang; SMP/MTs : 37 orang; SMK/SMA/MA : 27 orang; Lanjut Kuliah : 17 orang; Tidak diketahui/pindah domisili sebanyak : 38 orang.

SMKN 1 Tapalang Barat SUKSES Fasilitasi 6 orang ATS Kembali Bersekolah dengan rincian sebagai berikut :
1. Ruslan Kelas XI Multimedia di SMKN 1 Tapalang Barat;
2. Muhammad Arkam Kelas XI Multimedia di SMKN 1 Tapalang Barat;
3. Tiara Kelas XI TKJ di SMKN 1 Tapalang Barat;
4. Tiara Kelas XII TKJ di SMKN 1 Tapalang Barat;
5. Sawit Kelas XII TKJ di SMKN 1 Tapalang Barat;
6. Fendy Alviansyah di Paket BPKBM Darma Pertika Mamuju;

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama