Pembinaan Satgas Desa Bululawang Malang

 
Malang, wartamerdeka.info, - Pemdes Bululawang Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang mengadakan acara pembinaan dan pemantapan Satgas Linmas, di Aula desa Bululawang, dibuka Sekertaris Desa Bululawang, Isbandi, Selasa, (16/01).

Acara dihadiri 45 orang warga desa Bululawang, 8 diantaranya adalah perempuan. Semuanya anggota Linmas.
Kades desa Bululawang Hasan Bashori dalam sambutannya mengingatkan betapa pentingnya menjaga kerukunan dalam bermasyarakat, apalagi menjelang pemilu.

"Meski berbeda pilihan tapi tetap rukun dan harus saling menghormati pilihannya masing-masing. Linmas harus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," kata Kades Bashori. 

Linmas atau perlindungan masyarakat atau biasa disebut dengan Hansip atau  Pertahanan Sipil telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri. Peraturan Dalam Negeri no 10 tahun 2009 yang tertuang dalam Pasal 1 Butir 1 yang berbunyi, Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kemudian, Peraturan Menteri Dalam Negeri no.11 tahun 2023 tentang sarana dan prasarana bagi satuan tugas perlindungan masyarakat dan satuan perlindungan masyarakat.

Didalam Peraturan Dalam Negeri  no 11 bab 1 ketentuan umum pasal 1 butir 4 disebutkan, perlindungan masyarakat yang selanjutnya disebut linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala Desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum serta membantu upaya pertahanan negara.

"Siapapun yang mau dan siap menjadi anggota Linmas baik itu laki-laki atau perempuan dipersilahkan dan saya sangat mengapresiasi. Semua elemen masyarakat di Desa Bululawang ini diharapkan tidak acuh terhadap lingkungan di sekitarnya. Apalagi yang sudah terdaftar menjadi anggota Linmas." pungkas Basori
Dalam sesi penutupan, Mars Linmas dipimpin Kepala Desa Bululawang,

yang syairnya berbunyi demikian,

Linmas Bululawang beraksi
Walau panas terik matahari
Berjuta kali Linmas Bululawang beraksi
Itu sudah langkah pasti 2x
Hari hari esok adalah milik kita
Sebelum kita menjadi juara
Gegap gempita suara Linmas
Bululawang
Kobarkan semangat jiwa
Marilah kawan mari kita nyanyikan
Sebuah laguu hay
Lagu kemenangan
Ketika dikonfirmasi ke Kepala Desa Bululawang, Hasan Basori, Basori mengatakan bahwa lagu itu ciptaannya sendiri. Agar supaya para anggota Linmas ini, terpompa semangatnya dan tetap terjaga (hary-Yuda)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama