Sebanyak 175 KPPS Desa Karangpucung Cilacap Dilantik

 

Cilacap, wartamerdeka.info, - Sebanyak 175 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) desa Karangpucung kecamatan Karangpucung kabupaten Cilacap telah dilantik. Kegiatan bertempat di GOR kantor desa Karangpucung, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan diawali pembukaan kemudian sambutan dari Penjabat Kepala Desa Karangpucung Faizin dan pembacaan surat keputusan KPU No. 6 Tahun 2024. Setelah itu pelantikan secara simbolis oleh ketua KPPS desa Karangpucung Agus Priyanto.

Selesai prosesi pelantikan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan pembacaan pakta integritas oleh seluruh KPPS diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas.

Menurut ketua KPPS desa Karangpucung Agus Priyanto, 175 KPPS ini, akan di tempatkan di 25 TPS di desa Karangpucung dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 5.975 orang yang terdiri dari 2.967 laki-laki dan 3.008 perempuan."Masing-masing TPS nantinya ditempatkan 7 orang KPPS," jelasnya.

Nantinya, kata Agus, kegiatan akan dilanjutkan Bimbingan Teknis (Bimtek) ditempat yang sama.
"Bimtek akan dilaksanakan dua hari, karena kapasitas tempat terbatas. Yaitu hari Sabtu (27/1) pukul 13.00 wib dan Minggu (28/1) pada pukul 09.00 wib," terangnya.

Setelah kegiatan, Agus menghimbau peserta pelantikan KPPS agar menanam pohon dilokasi TPS masing-masing. Penanaman pohon merupakan rangkaian dari kegiatan pelantikan. "Penanaman pohon bertujuan untuk menambah dampak signifikan terhadap dampak pelestarian alam," tambahnya.

Sementara itu besaran biaya kegiatan yang digunakan untuk kegiatan pelantikan ini sejumlah Rp.13.672.400,- . Diantaranya untuk biaya tranportasi para tamu undangan dan transportasi setiap KPPS terlantik mendapatkan sebesar Rp.50.000.

Disingung soal honor KPPS sendiri, menurut Agus belum turun regulasi pasti yang mengaturnya. "Info sementara yang kami tahu, besaran honor KPPS 1,1 juta rupiah per orang sementara untuk ketua KPPS 1,2 juta rupiah," jelas Agus.

Turut hadir dalam pelantikan Babinsa koramil 15/ Harih suwargi, PJ Kepala Desa Karangpucung Faizin SE, Ketua BPD Desa Karangpucung Karsono, Ketua PPK Kecamatan Karngpcung Arif Bahaudin dan anggota Panwas Kecamatan Karangpucung Priyo Aris.(gus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama