UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Sukses Merintis Virtual Zoom Meeting Perdana

 

Rapat atau pertemuan selama ini umumnya dilakukan secara langsung, Luring atau dengan bertatap muka. 

Perkembangan teknologi era teranyar ini, sangat memudahkan setiap orang untuk saling terhubung secara global tanpa terbatas ruang dan waktu. Termasuk memenuhi kebutuhan pekerjaan di semua jenjang satuan pendidikan sudah bisa dilakukan secara virtual. Situasi ini disebut dengan rapat virtual atau virtual meeting.

Zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. 

Sementara Virtual Meeting adalah sebuah konsep pertemuan atau diskusi yang dilakukan secara virtual menggunakan berbagai perangkat teknologi.

Virtual zoom meeting juga merupakan sebuah kegiatan dimana semua peserta dari berbagai lokasi bergabung dalam waktu yang telah terlebih dahulu disepakati dengan menggunakan sebuah media seperti teleconference atau video conference.

Jaman now, Virtual Meeting semakin viral dan wajar untuk dilakukan. Kalau dulu semua lebih suka melaksanakan meeting sambil tatap muka, sekarang malah lebih senang, enjoy and happy with virtual. 

UPTD SMKN 1 Tapalang Barat merintis kegiatan "Virtual Zoom Meeting" perdana, Sabtu 6 Januari 2024 pukul 10.00-10.45 Wita. Memanfaatkan fasilitas gratis dan dilakukan pada hari Sabtu, dikarenakan UPTD SMKN 1 Tapalang Barat sepakat bahwa Sabtu adalah hari khusus untuk kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dengan platform merdeka, yang bisa dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. Dalam arahannya menyampaikan bahwa memasuki Tahun Baru 2024 ini adalah momentum untuk melakukan akselerasi capaian program dan kegiatan secara  tuntas dan kreatif dengan inisiasi 31 orang Guru dan 11 orang Staf TU sesuai tugas dan fungsinya masing-masing di sekolah. 

Begitu juga dengan perubahan Lifestyle, Mindset, and Behavior Patterns harus menunjukkan adanya progres yang signifikan dan berubah secara masif dari tahun sebelumnya.

Sjahrir Tamsi menguraikan secara gamblang kepada para WAKASEK, yakni : Parlan, S.Pd. (Wakasek 1 Bidang Perencanaan Pendidikan/Kurikulum), Jusran Yasin, S.Kom. (Wakasek 2 Bidang Pembinaan Peserta Didik yang juga Guru Kejuruan Desain Komunikasi Visual dan yang fasilitasi kegiatan Virtual Zoom Meeting ini sekaligus sebagai Moderator), Sarifuddin, S.Pd.I. M.Pd. (Wakasek 3 Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan/Humas), dan Safri Th, S.Pd.(Wakasek 4 Bidang HKM dan IDUKA), para Ketua Program, yakni : Suaib, S.Pd. Ketua Program Otomotif, Mukarram, S.Pd. Ketua Program Elektronika, Hasnia, ST, Ketua Program Komputer, dan Nurma N, S.Kom. Ketua Program Desain Komunikasi Visual. Serta para Koordinator Kelompok Kerja/Tim diantaranya Koordinator UKS Bersinar, St. Rahamania, S.Pd. serta Koodinator lainnya dan sejumlah Wali Kelas, Guru dan Staf TU. 

Sjahrir Tamsi menguraikannya seperti : bila tahun sebelumnya (2023 lalu) kurang disiplin maka harus berubah menjadi disiplin total antara lain ; disiplin waktu, disiplin kerja/disiplin mengajar, disiplin dalam melengkapi dan menyiapkan administrasinya (program atau perangkat pembelajaran/modul ajar) dan kolaborasi dalam hal care/peduli untuk senantiasa memantau secara rutin keseharian peserta didiknya agar juga disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Selanjutnya Sjahrir Tamsi menghimbau kepada segenap warga sekolahnya untuk merespon dan menindaklanjuti 

segala Program Pemda Provinsi Sulawesi Barat, satu diantaranya yakni Program Gerakan Sejuta Tanam Bibit Cabai, oleh Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH., hari ini didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat, Ninuk Triyanti Zudan melakukan Launching Program Gerakan Sejuta Tanam Bibit Cabai di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Sabtu, 6 Januari 2024.

Sjahrir Tamsi pun langsung mereponnya dengan menyiapkan lahan sekitar setengah hektare seputar halaman sekolah untuk penanaman "Bibit Cabai" yang diketahui sebagai salah satu komoditas penyumbang inflasi di Provinsi Sulawesi Barat. 

Sjahrir Tamsi juga mengapresiasi kepada semua pihak termasuk warga sekolah yang aktif dan penuh semangat menjadi peserta Kegiatan Virtual Zoom Meeting Perdana ini. Dikatakannya kegiatan Zoom ini sangat efektif dan efisien serta tidak mengganggu Program dan Proses Kegiatan Pembelajaran di sekolah. Karena itu, Kegiatan dengan Model dan Moda Daring seperti ini akan diaplikasikan secara rutin dan sustainable di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat. Sekolah Modern Penuh Harapan Untuk Masa Depan Cemerlang.  SMK OKE De, pungkasnya.

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama