Diguyur Hujan Semalam, Kondisi Kali Asinan Bikin Cemas Warga

 Kondisi Kali Asinan di Kelurahan Brondong - Blimbing


Lamongan, wartamerdeka.info, - Hujan deras mulai tadi malam dini hari hingga hari ini, Selasa (12/3) membuat warga kelurahan Brondong, kecamatan Brondong dan Kelurahan Blimbing kecamatan Paciran, khususnya di kampung Padek kian was was menyusul derasnya debit air Kali Asinan yang terus bertambah.

"Kalau beberapa waktu lalu, tidak ada pengerukan disebelah utara Kali Asinan, bisa dipastikan rumah warga tergenang, seperti tahun tahun sebelumnya," ungkap Mustari, salah seorang RW di Brondong.

Kondisi di TPS Kelurahan Brondong
Selain dari air hujan, luberan air yang mengalir ke Kali Asinan datang dari wilayah hutan Solokuro dan sekitar Gampang-Laren. Bahkan keberadaan Bangunan SMKN Maritim juga memberi kontribusi luberan air yang mengalir ke Kali Asinan. 

Beberapa warga sebut sebelum ada bangunan SMKN Maritim, banjir tidak seberapa besar, namun setelah ada bangunan itu, kondisinya menjadi berbeda, karena lokasi bangunan SMKN Maritim dulu masuk lokasi penampungan air di saat hujan deras. 

"Iya, SMKN Maritim juga berpengaruh terhadap debit air di Kali Asinan," kata salah seorang warga. 

Tidak cuma itu, lokasi TPS (tempat pembuangan sementara) sampah juga memiliki andil cukup besar, selain kumuh tumpukan sampah juga menjadi problem warga disekitar. (wm)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama