MAN 2 Langkat Gelar Khataman Al Quran

 Tanjung Pura, wartamerdeka.info, - Sesudah pengumuman kelulusan 330 siswa kelas XII, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Langkat menggelar acara Khataman Al Qur’an bagi siswa kelas XII T.P. 2023/2024. Kegiatan Khataman Al Qur’an ini diikuti oleh 330 siswa/i kelas XII, dihadiri Kepala Madrasah, Dewan Guru dan Staf Kependidikan MAN 2 Langkat, beserta undangan dan wali murid (orang tua siswa/i). 

Wakasek bidang kurikulum, As’ad Husein mengatakan khataman alqur’an merupakan program tahunan yang dilaksanakan bagi kelas XII, sekaligus ini menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas XII MAN 2 Langkat baik secara perorangan ataupun secara bersama telah mengkhatamkan membaca alquran sebanyak 30 Juz. 

“Kegiatan ini juga sebagai tanda syukur bahwa rangkaian proses pembelajaran siswa telah usai dan siswa telah dinyatakan lulus jenjang Madrasah Aliyah," Ujar As'ad Husein. 

Dalam arahannya kepala Sekolah  MAN 2 Langkat, Lenna R. Pohan berharap agar kegiatan khataman tersebut dapat dijadikan motivasi serta semangat bagi seluruh siswa MAN 2 Langkat, khususnya kelas XII yang akan segera menjadi alumni untuk terus mencintai dan gemar  membaca Alqur’an.

“Khataman yang kita laksanakan hari ini adalah tanda bahwa proses pembelajaran dan kegiatan membaca Al quran untuk jenjang Madrasah Aliyah telah selesai dilaksanakan. Ini tidak berarti kegiatan membaca Alquran telah selesai. Diharapkan nantinya, dengan tiadanya bimbingan, dan pantauan guru- guru MAN yang selama ini mendampingi kalian, kalian tetap menjadikan kegiatan membaca Alqur’an sebagai bagian dari rutinitas keseharian, kalian bisa menjadi contoh teladan yang baik di tengah tengah masyarakat serta dilingkungan kalian nantinya, baik dilingkungan perguruan tinggi,” Kata Kasek MAN 2 Langkat. 

Kegiatan khataman alquran tersebut ditandai degan pembacaan surah pada juz 30 yang dibacakan secara bergiliran oleh sejumlah perwakilan kelas serta ditutup dengan doa khataman yang dibacakan Ustadz Ahmad Mursalin. 

Rangkaian prosesi khataman diakhiri dengan penyerahan balai khataman yang diserahkan oleh perwakilan siswa masing- masing kelas kepada wali kelas.

Wakasek bidang kesiswaan, Zulfariuddin Mtd menambahkan bahwa kegiatan khataman tersebut di ikuti oleh 10 kelas.

”Ada 10 balai khataman yang diserahkan kelas XII kepada wali kelas . Walaupun balai ini bukan menjadi sebuah kewajiban, namun keberadaan balai ini menjadi bagian simbol dan ciri kebudayaan dalam mengkhatamkan alqur’an,” Tambah Zulfariuddin.
Dia juga mengucapkan syukur karena acara berjalan dengan sukses. Kepada panitia pelaksana kegiatan yang terdiri dari pengurus OSIM dan pengurus Ekskul lainnya. (Chairil)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama